Bermanfaat untuk Umat


Oleh : Muhammad Haris, SP. 

Pemuda itu tertegun dan menyimak dengan seksama apa yang disampaikan Sang Guru padanya. Malam itu Sang Guru menjelaskan secara terperinci mengenai manfaat dari tanaman kelapa. 

Sekolah Terbaik Sleman 0877-3281-9070 

Belajar lah dari kelapa. Sebagian besar anggota tubuhnya memberikan manfaat pada manusia. Buahnya dinikmati kesegarannya, baik airnya maupun dagingnya. 

Daunnya biasa digunakan untuk berbagai hal, seperti bahan untuk ketupat, untuk sapu lidi, tanda pernikahan, atau bahkan atap. Bunganya bisa diambil nira nya untuk dijadikan minuman, gula maupun cuka. Batangnya digunakan untuk kayu bahan bangunan. Akarnya yang berserabut membantu mencegah kerusakan pada tanah di daerah pantai. Tempurung atau batok kelapa bisa menjadi kerajinan maupun bahan baku untuk membuat arang. Sabutnya bisa digunakan untuk bahan dasar pembuatan tali, karpet ataupun kerajinan lainnya. 

Sekolah Tahfizh Sleman 0877-3281-9070 

Begitulah pula semestinya kita, dalam kehidupan sehari-hari ketika kita berinteraksi dengan sesama makhluk Allah Subhanahu wata'ala. 

Sang Guru meneruskan, agama kita ini mendidik kita agar mengambil peran aktif dalam aktifitas amal yang ada, "Naafi'un lighoirihi" bermanfaat bagi orang lain. Meskipun tak bisa sempurna namun usahakan lah perbesar persentasenya. 

SDIT Unggul Sleman 0877-3281-9070

Teringat nasihat Baginda Rasullullah Shallallahu 'alaihi wasallam untuk kita bahwa

 خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

“Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya” (Al Hadits)

Setiap kita In Syaa Allah memiliki potensi besar yang Allah titipkan untuk bisa berperan di bangunan keumatan ini.

Malam itu menjadi malam perputaran 180 derajat orientasi hidup si pemuda. Menjadi malam terberat ketika dia harus me-muhasabah-i diri, teringat begitu banyak sekali lingkaran kehidupannya yang belum bisa bermanfaat untuk orang banyak. Ia pun bertekad untuk menjadi lebih baik lagi untuk bisa menjadi lebih bermanfaat untuk umat.

Mari kita belajar bersama darinya. Semoga bermanfaat untuk umat.


Muhammad Haris, SP., Guru dan Motivator Al-Qur’an Metode Ummi Yogyakarta
Powered by Blogger.
close