Sekolah Ramah Anak dalam Perspektif Islam

 


Artikel ini mendiskusikan konsep sekolah yang ramah anak dalam Islam dan mendukungnya dengan rujukan pada Al-Quran dan hadis. Sekolah ramah anak adalah pendekatan pendidikan yang mengutamakan kebutuhan fisik, emosional, sosial, dan spiritual anak-anak. Melalui pandangan agama Islam, artikel ini mengeksplorasi bagaimana pendidikan dapat menjadi sarana yang mendukung perkembangan optimal anak-anak.

Sekolah adalah tempat yang memiliki peran sentral dalam perkembangan anak-anak. Konsep "ramah anak" dalam konteks pendidikan mencakup lingkungan yang aman, mendukung, dan sesuai dengan perkembangan anak-anak.

Al-Quran memiliki banyak ayat yang menekankan pentingnya perlindungan, pendidikan, dan pembinaan anak-anak. Satu diantara ayat yang relevan adalah dalam surat Al-Isra (17:31). 

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:


وَلَا  تَقْتُلُوْۤا  اَوْلَا دَكُمْ  خَشْيَةَ  اِمْلَا قٍ  ۗ نَحْنُ  نَرْزُقُهُمْ  وَاِ يَّا كُمْ  ۗ اِنَّ  قَتْلَهُمْ  كَا نَ  خِطْاً  كَبِيْرًا

"Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu. Membunuh mereka itu sungguh suatu dosa yang besar."

(QS. Al-Isra': 31)

Surat ini yang mengingatkan orang tua untuk tidak membunuh anak-anak mereka karena takut kemiskinan. Ayat ini menggarisbawahi hak-hak anak dalam menerima perlindungan dan pemenuhan kebutuhan dasar mereka.

Hadis Nabi Muhammad SAW juga memberikan pedoman penting tentang pendidikan anak-anak. Beliau bersabda, 

"Setiap orang dari kalian adalah pemimpin dan setiap orang dari kalian bertanggung jawab atas yang dipimpinnya."(HR. Bukhari).  

Hadis ini menunjukkan bahwa pendidikan anak adalah tanggung jawab bersama seluruh masyarakat.

Lantas bagaimana kita tahu sekolah atau lingkungan kita apakah sudah ramah anak atau masih jauh dari itu?

Berikut saya paparkan sedikit terkait karakteristik tersebut.

Karakteristik Sekolah Ramah Anak dalam Islam

Keselamatan Anak: Sekolah ramah anak harus menyediakan lingkungan yang aman dan bebas dari kekerasan fisik atau verbal terhadap anak-anak.

Rujukan: Surat Al-Isra: 31

Pendidikan Moral: Sekolah seharusnya mempromosikan nilai-nilai moral yang sesuai dengan ajaran Islam, seperti kejujuran, keadilan, dan kasih sayang.

Rujukan: Surat Al-Hujurat :11

"Wahai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mencela kaum yang lain, boleh jadi bahwa mereka (yang dicela) lebih baik dari mereka (yang mencela)."

Pendekatan Perkembangan Anak: Sekolah ramah anak memahami dan mendukung perkembangan fisik, mental, emosional, dan spiritual anak-anak sesuai dengan tahap perkembangan mereka.

Rujukan:

"Setiap orang dari kalian adalah pemimpin dan setiap orang dari kalian bertanggung jawab atas yang dipimpinnya." (HR. Bukhori)

Penghargaan terhadap Anak: Penghargaan terhadap anak sebagai anugerah Tuhan adalah karakteristik penting dalam sekolah ramah anak.

Rujukan: Surat Ar-Rum: 21

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu pasangan hidup dari jenismu sendiri supaya kamu mendapat ketenangan hati dan dijadikan-Nya kasih sayang di antara kamu. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang berfikir."

Keterlibatan Orang Tua: Sekolah yang ramah anak mendorong keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak-anak dan menjalin kerjasama yang erat antara rumah dan sekolah.

Rujukan: Surah Al-Ankabut :8

"Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada kedua orang tuanya."

Dengan mengintegrasikan karakteristik-karakteristik ini, sekolah dapat menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan, perkembangan, dan kesejahteraan anak-anak sesuai dengan ajaran Islam.

Serta sekolah dan masyarakat perlu bekerja sama. Ini termasuk pelatihan guru dalam pendekatan pendidikan yang sesuai dengan perkembangan anak dan memastikan bahwa lingkungan sekolah mendukung pertumbuhan mereka.

Kita membangun masa depan yang lebih cerah ketika setiap sekolah menjadi 'rumah' bagi anak-anak, tempat di mana mereka merasa aman, diberi kasih sayang, dan didukung sepenuh hati. Semangat menjadi sekolah ramah anak adalah kunci untuk membentuk generasi yang tangguh dan penuh potensi.


Oleh : Siti Nuraini, Guru Al Qur'an SD IT Hidayatullah 


Powered by Blogger.
close