Review Kurikulum Tahun Ajaran 2021/2022


www.sdithidayatullah.net | Sleman- Senin, 04 Juli 2022, Review Kurikulum SD IT Hidayatullah Yogyakarta berlangsung di Gedung SD IT Hidayatullah Yogyakarta, Balong, Donoharjo, Ngaglik, Sleman



Acara ini diikuti oleh Murid perwakilan sekolah, guru perwakilan sekolah, Kepala Sekolah serta Korwil Kapanewon Ngaglik 

Acara bertempat di ruang kelas dengan narasumber Ibu Suwarni, S.Pd., M.Pd.selaku Korwil Kapanewon Ngaglik 




Ibu Suwarni memberi pemaparan review dan sosialisasi Kurikulum merdeka belajar, ia juga mengapresiasi persiapan bapak ibu guru dalam melaksanakan Review Kurikulum tahun ini. Harapannya sebelum pergantian bulan Agustus semua sekolah sudah selesai melaksanakan Review Kurikulum.

“Saat ini kita bersama-sama dihadapkan pada beberapa pilihan yaitu Kurikulum Merdeka yang terbagi pada ‘Mandiri Belajar’, ‘Mandiri Berubah’ dan ‘Mandiri Berbagi’. Bagi sekolah yang memilih ‘Mandiri Berbagi’ maka semua perangkat pembelajarannya harus disiapkan sendiri oleh sekolah. Namun bagi sekolah yang memilih ‘Mandiri Berubah’, salah satunya adalah SD IT Hidayatullah, maka akan melaksanakan 2 kurikulum yaitu Kurikulum 2013+ untuk kelas 2,3,5&6 dan Kurikulum ‘Mandiri Berubah’ untuk kelas 1&4.” Ujar Suwarni saat memaparkan penjelasannya.



Ia juga menjelaskan bahwa Pemerintah mencanangkan perubahan Kurikulum ini berdasarkan pada keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Tekhnologi Republik Indonesia nomor 56/M/2022 tentang pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran. Sekolah pelaksana IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) ini berdasarkan keputusan Menteri tersebut. Sehingga kita harus mengikuti perkembangan yang ada. 


Kurikulum 2013+ fokus perubahannya ada di Profil Pelajar Pancasila, sedangkan KOSP (Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan) untuk kelas 1 & 4 perubahannya hanya pada mata pelajaran intra dan ko-kurikulernya. Pada dasarnya penerapan dari kedua kurikulum ini sama, akan tetapi goalnya lebih baik lagi.

Untuk SD IT Hidayatullah tidak sulit dalam melaksanakan Kurikulum ini, karena dasarnya sudah ada semua, bahkan sudah lebih mendetail.

Alhamdulillah Acara ini berlangsung dengan lancar dan informasi yang disampaikan Ibu Suwarni telah sampai kepada para peserta Review Kurikulum.


Rep dan Foto: Afnan

Powered by Blogger.
close