Kisah Islam SD IT Hidayatullah: Pakdhe Sam Berkisah



www.sdithidayatullah.net | Sleman- Jum'at, 29 Juli 202022| 29 Dzulhijah 1443 H, SD IT Hidayatullah Yogyakarta menyelengarakan Kisah Islam yang rutin diadakan setiap tahunnya.

Kisah Islam kali ini dibersamai Pakdhe Sam. Beliau juga merupakan pegawai di SD IT Hidayatullah Yogyakarta. 

Acara diawali dengan murojaah surat Al- Fatihah, Al- A'la, dan Al- Fiil. Kemudian dilanjutkan sambutan kepala sekolah.  

"Di dunia ini yang digunakan ada 2 bentuk bulan, yang pertama bulan Qomariyah, yang kedua bulan Syamsiyah. Bulan Qomariyah disebut sebagai bulan Hijriyah. Bulan yang pertama dalam kalender Islam adalah bulan Muharram, dan termasuk bulan yang istimewa." Begitu Ustadz Rifki selaku kepala sekolah membuka sambutan. 

Beliau menambahkan bahwa di bulan ini kita tidak boleh melakukan keburukan, jika melakukan keburukan maka akan di catat 2 kali lipat keburukannya, pun ketika melakukan kebaikan, akan di catat dua kali lipat. 

"Jatuhnya 1 Muharram di hari esok, hari Sabtu. Tapi pelaksanaan kegiatan Kisah Islam dilakukan hari ini karna besok sekolah libur." Ujar beliau.

Selanjutnya adalah Kisah Islam oleh Pakdhe Sam.

"Ada yang tau apa itu syafa'ah? syafa'ah asalah pertolongan. Bersyukur kita menjadi umat Rasulullah." Pakdhe Sam membuka Kisah Islam.

Selanjutnya beliau berkisah tentang bergajah yang akan menyerang Ka'bah yang diabadikan dalam surat Al- Fiil. Di mana pasukan Abrahah tersebut tidak bisa menyerang Ka'bah dan Abrahah meningg karna batu- batu kerikil. Sungguh meninggal dalam keadaan yang hina.

"Jadi dari kisah tersebut kita tidak boleh apa anak-anak?" tanya Pakdhe Sam.

"Kita tidak boleh sombong dan akidah harus kita jaga." Jawab Pakdhe Sam memberikan hikmah dari kisah tersebut.

 Alhamdulillah anak-anak tampak senang dan ceria sekali mendengarkan Pakdhe Sam berkisah. 

Semoga Allah menghindarkan kita dari sikap sombong, karna yang boleh sombong hanya Allah, sombong adalah selendang Allah.


Rep: Yuliasfita 

Foto: Afnan


Kunjungi galeri kegiatan Kisah Islami Klik

Powered by Blogger.
close