@sdhidayatullah (@) https://4.bp.blogspot.com/-ie52Oh_wT-s/WHHi75UACjI/AAAAAAAAEYE/PnOATooq-Y4v_HVhR_AakM0G2d699uWIwCLcB/s1600/ignielcom.png https://cards-dev.twitter.com/validator 144 x 144 px4096 x 4096 px5MB
» » » » » Penerimaan Murid Baru SDIT Hidayatullah Sleman Tahun Pelajaran 2022/2023

Penerimaan Murid Baru SDIT Hidayatullah Sleman Tahun Pelajaran 2022/2023

Penulis By on Friday, September 17, 2021 | No comments


SDIT Hidayatullah Yogyakarta, 
Buka Hati dengan Pendidikan Tauhid

Alamat : Jl. Palagan Tentara Pelajar Km. 14,5 Balong, Donoharjo, Ngaglik, Sleman, D. I. Yogyakarta 55581. Telp. (0274)2861541

Profil Sekolah
Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Hidayatullah Sleman Yogyakarta didirikan tahun 1998 oleh Yayasan As-Sakinah Yogyakarta. Sekolah ini berafiliasi dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Sleman dengan Ijin Operasional Nomor: 039/KPTS/108/2001 dan Ijin Pendirian Nomor : 054/KPTS/PEND.SLM/IV/2004. Pada tahun 2016 lulus akreditasi oleh Badan Akreditasi Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan nilai A.

Bagaimana KBM di SDIT Hidayatullah Yogyakarta pada masa pandemi?
Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di masa pandemi covid-19 di SD IT Hidayatullah dilaksanakan secara luring (luar jaringan/offline) dan daring (dalam jaringan/online) dengan pembagian 2 hari belajar di sekolah dan 3 hari belajar di rumah. 

Belajar di Sekolah (BDS)
Teknis BDS selama masa pandemi dibagi menjadi 2, yaitu kelas 1, 2, dan 3 dengan hari masuk Selasa dan Kamis. Kelas 4, 5, dan 6 dengan hari masuk Senin dan Rabu. Setiap kelas akan dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok 1 waktu KBM pukul 07.30 - 10.00 WIB dan kelompok 2 waktu KBM pukul 12.45 - 14.45 WIB. Hal ini dilakukan untuk mengurangi jumlah yang hadir di sekolah selama KBM.

Belajar di Rumah (BDR)
Teknis BDR selama masa pandemi ini, anak-anak diberikan tugas belajar melalui link https://daring.sdithidayatullah.net/ dengan 3 mata pelajaran setiap hari dan setiap tugas yang diberikan dilaporkan melalui grup WA di masing-masing kelas paling lambat adalah pukul 21.00 wib. 

Khusus untuk KBM Al-Qur'an dilaksanakan melalui Video Call WA bersama guru Al-Qur'an masing-masing kelompok. Setiap panggilan bisa 5-7 anak dengan durasi waktu kurang lebih 20-30 menit. KBM Al-Qur'an ini anak-anak diajarkan metode membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar, serta hafalan surat-surat pendek. Adapun metode yang diajarkan adalah Metode Ummi.  

Tampilan Website Belajar dari Rumah (BDR)

Mengapa Memilih SDIT Hidayatullah?

Tenaga Pendidik
Didukung oleh tenaga pendidik yang berdedikasi, muda, terampil, dan berlatar belakang pendidikan S1 dan S2, memungkinkan SDIT Hidayatullah mampu mewujudkan suasana belajar yang kreatif dan inovatif.

Pembelajaran Berbasis Tauhid
Melalui program yang mengintegrasikan nilai-nilai tauhid pada kurikulum dan seluruh aktivitas belajar, SDIT Hidayatullah merupakan partner yang tepat bagi orangtua dalam menggali potensi anak secara optimal baik potensi fisik, akal, maupun jiwanya. Dengan pembelajaran seperti inidiharapkan anak-anak kelak menjadi muslim-muslimah yang saleh dan bertanggungjawab.

Pendekatan Belajar Sesuai Tahap Perkembangan Anak
Memperhatikan kebutuhan anak merupakan sesuatu yang penting bagi sekolah. Hal ini agar anak tidak kehilangan saat-saat yang paling indah dan menyenangkan dalam hidupnya. Dengan pendekatan berbagai metode pembelajaran dan proses pembelajaran yang sesuai tahap perkembangan anak, diharapkan tumbuh dalam diri anak minat belajar yang tinggi serta anak mampu beradaptasi dengan lingkungannya.

Kelas Karakter
Kelas karakter adalah kelas penanaman dasar-dasar perilaku anak yang diselenggarakan pada 3 bulan pertama pembelajaran.

Kelas Tahfizh dan Kelas Reguler
Mulai Tahun Ajaran 2018/2019 SDIT Hidayatullah membuka Kelas Tahfizh. Alhamdulillah sudah 5 tahun berjalan kegiatan Kelas Tahfizh ini berjalan. Target dari lulusan Kelas Tahfizh ini adalah hafal 10 juz dengan bacaan yang baik dan benar. Adapun untuk kelas reguler, target hafalan selama 6 tahun adalah hafal 2 juz.

Sekolah Tanpa Rangking
Setiap anak memiliki potensi yang berbeda-beda. Mereka bisa menjadi juara di bidangnya masing-masing sehingga sekolah tidak menerapkan casta rangking, namun berupaya menggali dan mengembangkan potensi dari masing-masing peserta didik.

Kelas dipisah Putra dan Putri
Anak laki-laki dan perempuan memiliki perkembangan fisik dan sosial emosional yang berbeda. Kelas yang homogen (dipisah putra dan putri) memudahkan guru melakukan pendekatan yang sesuai dengan mereka.

Tiada Hari Tanpa Al-Qur’an
Untuk menumbuhkan cinta al-Qur’an pada diri anak, pembelajaran al-Qur’an dilaksanakan setiap hari menggunakan Metode Ummi dengan guru-guru yang telah tersertifikat oleh Ummi Foundation

Lingkungan yang Kondusif
Sekolah berada di alam pedesaan yang nyaman dan jauh dari keramaian. Sekolah juga berada di lingkungan pesantren yang di dalamnya ditegakkan nilai-nilai Islam yang mulia.

Fullday School
Kegiatan pembalajaran di SDIT Hidayatullah mulai hari Senin s.d. Jumat. Dimulai pukul 07.15 s.d. 14.30 wib. Untuk kegiatan pengembangan diri dilaksanakan pukul 15.30 s.d. 16.45 wib dengan jadwal yang ditentukan pada setiap kelasnya.

Kegiatan Ekstrakurikuler
Ekstrakurikuler di SDIT Hidayatullah dilaksanakan setelah kegiatan belajar mengajar, untuk kelas 3 ke atas; dimulai pukul 15.30 s.d. 16.45 wib. Adapun ekstrakurikuler adalah sebagai berikut :
> Pramuka Pandu Hidayatullah
> Al-Quran (Hafalan dan Membaca)
> Beladiri Karate
> Berenang
> Memanah

Syarat Murid Baru
> Usia minimal 6 tahun (Juli 2022)
> Mengisi formulir pendaftaran (Online/Offline)
> Menyerahkan/mengirim berkas fotocopy akta kelahiran 1 lembar.
> Menyerahkan/mengirim berkas fotocopy Kartu Keluarga 1 lembar.
> Menyerahkan/mengirim berkas pas photo pose dan ukuran bebas.

Pendaftaran
Alur penerimaan peserta didik baru meliputi : 
(1) Pelayanan Informasi/Konsultasi. 
(2) Pendaftaran, bisa online atau offline. 
(3) Observasi Calon Peserta Didik dan Ortu/Wali. 
(4) Pengumuman. 
(5) Daftar Ulang.

Layanan Pendaftaran online
Daftar Offline >> KLIK DI SINI 
> Buku Panduan >> KLIK DI SINI 

Pendaftaran :
> Senin s.d. Jumat, pukul 07.30 s.d. 11.30 wib 
> Sabtu, pukul 08.00 s.d. 11.00 wib

> Gelombang I : September 2021 – Desember 2021
> Gelombang II : Januari– Maret 2022
> Gelombang III : April – Juni 2022

Pendaftaran ditutup jika kuota telah terpenuhi

Kontak Person :
> Ustadz Nurkholiq https://wa.me/6283862080002
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya