Generasi Cinta Al Qur’an SD IT Hidayatullah Yogyakarta Gelar Munaqosyah Tartil, Tahfizh dan Turjuman

YOGYAKARTA - SD IT Hidayatullah Yogyakarta kembali menyelenggarakan Munaqosyah AlQur’an Metode Ummi VII sejak awal pelaksanaan tahun 2017. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari di SD IT Hidayatullah Yogyakarta pada Sabtu dan Ahad, 25-26 Februari 2023.

Munaqosyah kali ini mengalami peningkatan jumlah dari tahun lalu, yakni diikuti oleh 353 murid kelas I hingga VI dengan total 504 Kategori/Materi ujian (Turjuman, Tartil dan Tahfizh juz 30, 29, 28 1, 2,3,4,5, dan 26). 

Informasi Pendaftaran Murid Baru: Klik Di Sini

Ummi Daerah (Umda) Yogyakarta menugaskan sebayak 17 trainer di hari Sabtu dan 12 trainer di hari Ahad untuk menguji 353 murid. 3 di antaranya adalah guru Al Qur’an SD IT yang juga termasuk trainer Umda.

Sambutan oleh Kepala Sekolah (Hari Kedua)

Kepala Sekolah SD IT Hidayatullah, Muhammad Rifki Saputra berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam proses serta output pembelajaran Al Qur’an.

Selain itu, ini akan menjadi langkah pertanggungjawaban sekolah yang pada 7 Desember 2021 dipilih oleh Ummi Yogyakarta sebagai salah satu sekolah model pembelajaran al Qur’an Metode Ummi di Yogyakarta khususnya.

“Munaqosyah adalah tolak ukur dan keberhasilan siswa dan lembaga dalam pembelajaran Al Qur’an Metode Ummi. Tentu kita sebagai umat muslim harus menjadikan Al Qur’an sebagai petunjuk,” ujarnya.

Munaqosyah hari pertama (Turjuman, Tartil, Juz 30 (Kelas Atas)

Munaqosyah adalah agenda rutin setiap tahun sebagai control eksternal oleh Ummi Foundation yang bertujuan untuk mengevaluasi ketercapaian pembelajaran Al Qur’an di SD IT Hidayatullah Yogyakarta.

Kegiatan ini merupakan program penilaian kemampuan siswa atau santri yang telah menuntaskan pembelajaran dengan Metode Ummi untuk menentukan kelulusan. Kegiatan Munaqosyah dilakukan sebagai Aplikasi dan Implementasi dari system yang berbasis mutu. 

Adapun bahan yang diujikan pada Munaqosyah kali ini meliputi: Pertama, Fashohah dan Tartil Al Qur’an, membaca Al Qur’an dengan tartil dan sesuai kaidah tajwid. Kedua, Membaca Gharib dan komentarnya. Ketiga, Teori ilmu tajwid dan menguraikan hukum-hukum bacaan. 

Munaqosyah hari kedua (Tahfizh Juz 30, 29, 28, 26, 1-5)

Keempat, Materi Turjuman yaitu menulis arab (Imla’), 3 skill (Hafal materi dengan tartil, terjemah perkata, dan terjemah perkalimat) serta, hafal intisari materi (dasar, keutamaan dan tata cara). Kelima, Tahfizh juz 30, 29, 28 1, 2,3,4,5, dan 26. 

Dimulai sejak jam 06.30 pada Sabtu dan Minggu, proses Munaqosyah selesai dilaksanakan tepat pada jam 14.00. 

Rep: Ainul Laili M./Foto: Afnan

Powered by Blogger.
close