Qurban Tanda Rasa Syukur


 www.sdithidayatullah.net | (Sabtu 1/07/2023) Gema takbir terdengar di pelataran SD IT Hidayatullah. Untuk yang kesekian kali alhamdulillah terlaksana qurban di sekolah. Meski kali ini tidak bersama para murid yang shalih shalihah.




Sebagaimana yang kita tahu bahwa qurban merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan atau sunnah muakad. 

Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan. Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya.” (Hadits Hasan, riwayat al-Tirmidzi: 1413 dan Ibnu Majah: 3117)

Qurban juga merupakan ibadah tanda bersyukur kepada Allah. Sebab, dengan berqurban seseorang bisa berbagi kebahagiaan dengan sesamanya. Tidak akan berkurang harta seseorang dimana harta tersebut untuk sedekah atau berbagi dengan sesamanya. Allah telah memberikan kepada makhluk hidup masing- masing rezekinya. 

إِنَّ اللَّهَ يَرْزُقُ مَنْ يَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ  

Sesungguhnya Allah memberi rizki kepada siapa saja yang dikehendaki-Nya tanpa batas.”

(QS. Ali ‘Imran [3]: 37)



Segala yang berkaitan dengan rezeki harus kita syukuri. Dengan syukur hati kita menjadi lapang dan tidak akan terus menghitung-hitung harta yang kita miliki, justru dengan harta tersebut mampu membuat kita semakin dekat dengan Allah dan banyak beribadah. Sebagai kewajiban kita umat muslim untuk terus memupuk iman dan beribadah dengan sebaik-baiknya, serta berusaha menjauhi larangan Allah dan menjalankan perintahNya. 

Alhamdulillah pada kesempatan ini tim Humas SD IT dapat mewawancari kakak beradik yang semuanya qurban di SD IT. Adalah Hanina, Wafda, dan Faqih.

“Ini bukan kali pertama qurban di SD IT, sebelumnya juga sudah pernah qurban di SD IT.” Ucap mereka saat diwawancarai.

Perasaannya senang tapi juga tidak tega saat tadi melihat disembelih hewan qurbannya.” Tambah Hanina, yang merupakan alumni SD IT tahun 2016 silam. 

Pun kedua adiknya, Wafda dan Faqih mengatakan yang serupa, “Senang tapi juga sedih melihat disembelih hewan qurbannya.” 

Kasihan.” Tambah mereka. 

Mereka qurban sapi untuk satu keluarga mereka.

Kita sudah sering qurban di sini, tapi qurban bersama-sama satu keluarga ini untuk pertama kalinya.” Ucap bu Beta, ibu dari mereka. 

Alhamdulillah ‘ala kulli hal, SD IT tahun ini berqurban 2 sapi dan 9 kambing. Semoga dengan adanya qurban di sekolah ini mampu memupuk jiwa-jiwa yang bersyukur dan senantiasa menginfakkan hartanya di jalan Allah.


Tak lupa sekolah mengucapkan jazakumullahu khairan katsiran kepada para shahibul qurban yang telah mempercayakan hewan qurbannya di SD IT Hidayatullah. Semoga Allah menerima amal kita semua. Aamiin.


Rep: YuliasFita

Foto: Ida


Powered by Blogger.
close