KUPU-KUPU KECIL



Warna jingga mulai menampakkan dirinya di ujung barat. Bersamaan dengannya, keteduhan mulai menyelimuti langit Sleman. Burung berkicau silih bersaut di atas ranting-ranting pohon. Bahkan yang mengepakkan sayapnya pun beriringan membelah awan putih, kadang berputar-putar membentuk lingkaran, dan kadang kala hanya melintas membentuk garis lurus.

Seketika, langkah ini terhenti, dan mata mulai tertuju pada segerombolan kupu-kupu kecil bersayap warna padu antara jingga dan hitam diselingi titik-titik putih mengelilingi tepian sayapnya. Kupu-kupu kecil itu terlihat sedang berputar-putar dan kadang terlihat sedang menghinggapi bunga cantik yang tampak mengayun-ayun diterpa lembutnya angin di senja hari sembari berkali-kali mengepakkan sayapnya. Indahnya masyaAllah...

Satu pekan berjalan aku bergabung bersama keluarga besar SDIT Hidayatullah Sleman Yogyakarta. Aku melihat kupu-kupu kecil yang indah seperti halnya aku melihat kupu-kupu kecil itu di tengah perjalananku antara sekolah dan rumah. Yaitu kupu-kupu kecil SDIT Hidayatullah.

Kupu-kupu kecil itu kalian wahai murid-muridku SDIT Hidayatullah. Aku melihat kalian tampak dengan senyum ceria memasuki sekolah di awal tahun ajaran 2023/2024. Bahagia rasanya bertemu dengan guru dan teman-teman kalian. Terlihat indah kalian, saat duduk bersila di halaqoh-halaqoh dengan menyerap materi pembelajaran, materi Al-Qur’an, dan materi-materi keislaman. Hinggapmu sudah tepat wahai kupu-kupu kecilku. Nektarmu ada di sini, di SDIT Hidayatullah. Setiap aku melihat kalian, terbesit do’a untuk kalian;

“Ya Allah, aku gantungkan kepadaMu semua do’a untuk kupu-kupu kecilku di SDIT Hidayatullah. Semoga kupu-kupu kecilku menjadi hambaMu yang senantiasa meninggikan kalimatMu di sepanjang hidupnya, dan menjadi manusia-manusia yang unggul dalam segala aspek kehidupannya, serta menjadi manusia-manusia yang menerapkan karakter islami saat menghadapi setiap persoalan-persoalan yang ada di dunia ini.”

Aku mencintaimu karena Allah kupu-kupu kecilku...

Tetaplah menjadi kupu-kupu kecil yang indah, sejuk, dan menyejukkan bagi kami guru-gurumu. Jika suatu saat nanti kalian harus terbang, maka terbanglah dengan membawa keindahan dan keharuman untuk agama kalian, untuk keluarga, dan untuk masyarakat.
Do’akan kami wahai kupu-kupu kecilku, agar kami tetap menjadi bunga yang indah dan mengandung sejuta manfaat untuk seluruh kupu-kupu yang menghinggapi. Semoga Allah SWT memberikan keistiqomahan kepada kita untuk menyebarkan kebaikan dan semoga Allah SWT memasukkan kita ke syurgaNya. Sehingga kita bisa menyaksikan kupu-kupu yang indah di taman bunga yang kekal di akhirat nanti.

Hadaniyallahu Wa Iyyakum...
Wallahu ta’ala a’lam...


Sleman, 13 Juli 2023
Hendra Nugroho (Guru Qur’an)

Powered by Blogger.
close