Murid SD IT Hidayatullah Melakukan Aktivitas Fisik yakni Hiking Ceria ke Bumi Perkemahan Lembah Merapi


SDITHIDAYATULLAH.NET, SLEMAN - Murid SD IT Hidayatullah melakukan aktivitas fisik yakni Hiking Ceria ke Bumi Perkemahan Lembah Merapi, Sidorejo, Nganggring, Girikerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman, Jum'at (24/11/2023).

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan kemuridan yang bertujuan menanamkan semangat belajar dan meningkatkan kesehatan fisik serta mental anak. Kegiatan tersebut diikuti oleh 280 murid kelas 4, 5 dan 6 dan 33 guru pendamping.

Ustadz Bagas Wirawan, ketua panitia kegiatan, saat pengarahan di Lapangan Turi tempat start kegiatan menyampaikan SOP peserta diantaranya: pertama, berdoa sebelum berangkat perjalanan hiking; kedua, berjalan sesuai penunjuk arah atau jalur yang sudah ditentukan; ketiga, berjalan berdampingan dengan teman maksimal dua murid; keempat, menjaga lisan selama perjalanan dan sopan santun ketika berpapasan dengan warga sekitar; kelima, dilarang bermain yang membahayakan diri sendiri dan orang lain/ kendaraan yang lewat ketika perjalanan; keempat, makan dan minum sesuai tuntunan; kelima, sampah mandiri wajib di taruh dalam tas.


Ustadz Muhammad Haris selaku kepala SD IT Hidayatullah berpesan, "Maka, diantara hikmah yang bisa kita lakukan selama kegiatan Hiking ini adalah melatih, menguji dan mendidik diri kita untuk berikhtiar membiasakan akhlak terpuji selama perjalanan agar menjadi bagian manusia-manusia terbaik yang dimasukkan ke dalam surga."

Jarak kegiatan hiking ceria ini yakni 6,8 Km yang ditempuh sekitar 2-3 jam perjalanan.

Kegiatan ini mendapat dukungan armada ambulans dari Baitul Mal Hidayatullah dan Puskesmas Ngaglik 2 beserta tim medisnya.

Ustadz Untung Purnomo, Wakil Kepala Sekolah, berpesan "Jangan mempermudah menaikkan anak di mobil atau ambulans harapannya, InsyaAllah rutenya sudah diperhitungkan cukup buat anak-anak, takutnya pada iren (iri, -rep)."

Rangkaian kegiatan setelah sampai di Bumi Perkemahan Lembah Merapi adalah sholat Jum'at berjama'ah dan pemaparan materi Pengenalan Ular oleh Komunitas Reptil Jogja.

Murid-murid sangat antusias memperhatikan pemaparan pemateri yang langsung membawa beberapa ular sebagai media pendukung materi yang disampaikan. Diantara materi yang dijelaskan adalah anatomi ular, jenis-jenis ular serta apa yang dilakukan jika tiba-tiba bertemu ular.

Diakhir acara ada sesi foto untuk setiap kelas bersama ular yang tidak berbisa.

Powered by Blogger.
close