Anakku, Perhatikan Waktu Tidurmu


Oleh : Nur Kholiq

وَّجَعَلْنَا نَوْمَكُمْ سُبَاتًاۙ
“Dan Aku jadikan tidurmu untuk istirahat.” 

Sebagai seorang muslim semua aktivitas bernilai ibadah dan mendapat pahala dari Allah subhanahu wa ta'ala dan membawa keberkahan di dalam kehidupan sehari-hari di antara salah satunya adalah tidur. Salah satunya adalah tidur. Seorang muslim dilarang tidur yang berlebihan.

Mari perhatikan adab pribadi seorang murid tentang mengurangi tidur yang berlebihan.  sebagaimana disebutkan.

Tidur menurut sebagian orang adalah perkara yang biasa atau mubah tapi ketika diniatkan untuk mengkondisikan tubuh agar pulih kembali dan untuk bersegera ibadah, maka bernilai pahala.

Tidur yang baik dan cukup mempunyai banyak manfaat untuk tubuh kita di antaranya badan kita tetap segar, tidak mudah sakit, dan mengurangi resiko stress dan bisa menjaga hati otak kita tetap baik sehingga kita dengan mudah dapat menerima pembelajaran dari ustadz-ustadzah di sekolah.

Lalu berapa lama sebaiknya kita tidur dalam sehari semalam? Menurut ahli kesehatan anak usia SD dianjurkan untuk tidur 8 jam dalam sehari semalam. Sedangkan untuk anak usia remaja dan dewasa dianjurkan 7-8 jam dalam sehari semalam.

Namun demikian jangan tidur melebihi 8 jam dalam satu hari satu malam. Bila memungkinkan boleh tidur kurang darinya sekiranya tidak membahayakan bagi tubuh dan pikiran. Tentu saja waktunya gunakan untuk belajar dan beribadah dengan sebaik-baiknya.

Demikian semoga bermanfaat untuk semua. 

Powered by Blogger.
close