Tasyakuran Kelulusan Kelas VI SDIT Hidayatullah Yogyakarta


www.sdithidayatullah.net | Sabtu (26 Juni 2021), bertempat di Dapur Warna, sebuah rumah makan di Kabupaten Sleman, acara Tasyakuran Kelulusan Kelas VI SDIT Hidayatullah Yogyakarta Angkatan ke XVIII digelar.

Hadir dalam kegiatan ini, pengurus yayasan, pengurus komite sekolah, orang tua/wali murid kelas VI, murid kelas VI, serta guru dan pegawai SDIT Hidayatullah Yogyakarta Walau tidak seluruh murid kelas VI hadir, dikarenakan sudah ada yang aktif masuk pesantren, acara ini berjalan dengan khidmad dan lancar.


Acara yang mengambil tema "Kuraih Masa Depan dengan Keberkahan Ilmu" ini berlangsung selama kurang lebih 3 jam dan pada tahun 2021, sebanyak 91 murid SDIT Hidayatullah Yogyakarta lulus dari sekolah ini. 

Dalam sambutannya, Ustadz Muhammad Rifki Saputra, S.Pd.I., selaku Kepala Sekolah SDIT Hidayatullah Yogyakarta menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh orang tua/wali murid yang telah mendampingi murid-murid kelas VI dalam pendampingan belajar di rumah selama pandemi covid-19. Beliau juga mengutip nasehat Al Imam Al Ghazali tentang nasehat keberkahan ilmu, : "Yang pertama niat mencari ridha Allah dalam menutut ilmu, kedua menghormati ilmu dan orang yang menyampaikan ilmu tersebut (guru).

Bapak Triyono, selaku Pengurus Komite Sekolah SDIT Hidayatullah Yogyakarta juga menyampaikan beberapa hal, di antara nya ikut bangga komite sekolah dilibatkan dalam kegiatan sekolah ini. Beliau juga menyampaikan kepada seluruh calon alumni SD ini, "Setelah keluar dari SDIT Hidayatullah junjung tinggi nama baik almamater dan perkenalkanlah sekolah ini kepada orang lain agar orang lain mengenal dan memasukkan anak-anaknya ke sekolah ini ." Beliau juga mengajak kepada orang tua/wali alumni sekolah ini, untuk setelah anaknya lulus dari sekolah ini untuk membantu sekolah ini, agar sekolah ini berkembang.

Tasyakuran Kelas VI ini juga diisi Khitobah Birrul Walidain yang diisi oleh Ustadz Kurnia Pramudi Suharso, S.SO.I. atau yang dikenal sebutannya Kang Kurnia, Beliau menasehatkan kepada seluruh murid yang lulus tahun ini tentang jasa para orang tua yang telah berperan sangat besar dalam pendidikan mereka, juga jasa para guru-guru yang mencerdaskan anak-anak. Saat diajak berdoa bersama, terlihat dan terdengar anak-anak banyak yang sesenggukan menahan tangis dan mengeluarkan air mata. 

Ustadz Syamsul Maarif, S.Ag. dalam sambutannya mewakili Yayasan As-Sakinah Yogyakarta menyampaikan apresiasi yang besar kepada seluruh orang tua/wali murid yang telah mempercayakan anak-anak mereka melalui sekolah ini, Beliau juga menyampaikan terimakasih kepada kepala sekolah dan segenap guru di sekolah ini yang telah bekerja keras dalam mendidik anak-anak.

Kesan dan pesan juga disampaikan oleh perwakilan kelas VI, yaitu Ananda Arya Zaky Maheswara, mewakili murid putra dengan menggunakan Bahasa Jawa dan Ananda Rhania Naura Athaya, mewakili murid putri.

Adapun selaku perwakilan orang tua/wali murid kelas VI, diwakili oleh Ustadz Abu Ayyub, beliau menyampaikan beberapa hal, salah satunya beliau mengucapkan terimakasih kepada SDIT Hidayatullah Yogyakarta : "Yang telah menjadi parner kami. Kami memilih sendiri dan alhamdullillah kami tidak salah pilih," kata Beliau dalam sambutannya. Menanggapi cita-cita anak-anak yang polos, Beliau memberi tanggapan : "Masih banyak ruang-ruang yang perlu kita siapkan. Sudah ada yang bercita-cita menteri luar negeri, dokter, programmer. Belum ada yang presiden yang hafidz/ah, polwan hafidz/ah, semua harus disiapkan." Lanjut Beliau.

Apresiasi juga diberikan kepada para murid yang berprestasi, yaitu murid putra yang berprestasi dalam bidang akademik, yaitu Ananda Faiz Ramadhan, Daffa Rifki Amiza, dan Irfan Arifuddin masing-masing juara 1, 2, dan 3. Adapun murid putri diraih oleh Ananda Azka Sholiha Al-Faruq, Rhani Naura Athaya, Aisya Sakhina Kirani, masing-masing juara 1, 2, dan 3.  Adapun yang berprestasi dalam bidang Al-Qur'an, diraih oleh Ananda Mansyuroh, Muhammad Al Farisi Ibrahim, dan Maheswari Kayana Akanta Purnomo, masing-masing juara 1, 2, dan 3. 

Acara yang berlangsung menggunakan protokol kesehatan yang ketat ini ditutup dengan doa oleh Ustadz Zainal Arifin, S.Pd.I., yang Beliau juga sebagai guru kelas VI.

Video Tasyakuran Kelulusan Kelas VI bisa lihat link YouTube SDIT Hidayatullah Yogyakarta :

Laporan : Thorif

Foto : Ulfah Hasanah

Powered by Blogger.
close