» » Pelepasan Murid Kelas VI serta Khataman & Imtihan Al Quran Metode UMMI Angkatan III, SDIT Hidayatullah

Pelepasan Murid Kelas VI serta Khataman & Imtihan Al Quran Metode UMMI Angkatan III, SDIT Hidayatullah

Penulis By on Sunday, May 5, 2019 | No comments




www.sdithidayatullah.net || Ahad, 30 Sya'ban 1440 H / 5 Mei 2019, SDIT Hidayatullah Sleman Yogyakarta melaksanakan kegiatan Pelepasan Kelas 6 dan Khataman Imtihan Metode Ummi yang dilaksanakan di Prima SR Hotel & Convention.

Sebanyak 78 murid putra dan putri kelas 6 sekolah tersebut dilepas oleh sekolah dan diserahkan kepada orang tua/wali murid karena telah lulus sekolah.



Suasana haru mewarnai pelepasan kelas 6 ini. Ketika anak-anak melakukan sungkem ke kedua orangtua mereka dan para orang tua/wali murid memberi hadiah kepada anak-anaknya.



Usai acara pelepasan kelas 6, acara dilanjutkan dengan Khataman dan Imtihan Metode Ummi. Sebanyak 114 murid sekolah ini melakukan khataman dan imtihan ini.

Acara ini dihadiri oleh 700 san orang tua/ wali murid SDIT Hidayatullah mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 dan tamu undangan.



Pelaksanaan Khataman di lakukan melalui imtihan (uji publik) kemampuan anak-anak dalam menghafal dan memahami Al Quran. Sejauh mana mereka menguasainya. Imtihan berlangsung selama 1 jam 20 menit yang dipandu langsung oleh ustadz Fakhrur Razhi, M.Pd.I serta ustadz Akbar Sandro Yudho Diharso, S.Sos.I., M.S.I trainer UMMI Foundation Surabaya.  Sebanyak 8 anak di uji publik secara acak dan langsung. Semua murid rata-rata mampu menjawab dengan nilai 100.




Suasana haru kembali menyelimuti seisi ruangan Khataman saat khotimin khotimat melakukan salam ta'dhim kepada orang tua dan ustadz/ah.

Kemudian dilanjutkan dengan pesan dan kesan yang disampaikan oleh ketua yayasan As Sakinah Yogyakarta, ustadz Abdullah Munir, S.Ag. "Kita sebagai orangtua harus mampu melanjutkan membersamai anak dalam menjaga hafalan dan melanjutkan hafalan mereka dirumah, maka tugas kita sebagai orangtua adalah terus belajar agar mampu melanjutkan ilmu yang diberikan oleh ustadz/ah di Sekolah" , Tegas beliau.

Penyerahan Syahadah UMMI di berikan langsung oleh kepala Sekolah SDIT Hidayatullah, ustadz Rifki Saputra, S.Pd.I kepada seluruh khotimin khotimat sejumlah 114 anak.





Rangkaian terakhir dari kegiatan ini yaitu penyerahan Piala kepada Murid dengan nilai Munaqosyah terbaik. Penilaian terbagi menjadi 3 kategori, yaitu:

A. Kategori Tartil Al quran :
1. M. Daffa Alfathan Arsiyadi, kelas 5A
2. Nafisa Sofwa Salsabila, kelas 5B
3. Aqila Aprilia Najla, kelas 5B

B. Kategori Tahfidz Juz 30:
1. M. Daffa Alfathan Arsiyadi, kelas 5A
2. Rhania Naura Athaya, kelas 4B
3. Aqila Farras Alaudin, kelas 5D

C. Kategori Tahfidz Juz 29:
1. Salma Mujahidah Arrosyidah, kelas 5B
2. Muna, kelas 6B
3. Syafira Nahilah, kelas 5B


Laporan : Atin Prihatiningsih


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya