» » » » Tasmi' Outdoor Kelas Tahfidz

Tasmi' Outdoor Kelas Tahfidz

Penulis By on Thursday, October 3, 2019 | No comments




www.sdithidayatullah.net || Kamis, (4 Shafar 1441 H / 3 Oktober 2019 M) Bertempat di Museum Gunung Merapi (MGM) telah dilaksanakan kegiatan Tasmi'ul Quran Juz 30, 29 dan 28 oleh Ananda kelas Tahfidz, yaitu kelas 2C dan 2D. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan tasmi' pertama yang dilakukan di luar lingkungan sekolah. Sebelum ini, telah dilaksakan tasmi' juga, namun hanya di area Sekolah saja. Hal ini menjadi inovasi baru agar ananda tidak merasa jenuh dan tetap enjoy dalam proses hafalan maupun muroja'ah. 



Rangkaian kegiatan tasmi' ini berlangsung selama kurang lebih 5 jam. Diawali dengan keberangkatan dari sekolah ke Lokasi tasmi' kemudian sesampainya di lokasi MGM, ananda mengelilingi musem guna menambah wawasan terkait gunung merapi. Setelah puas berkeliling selama kurang lebih 45 menit, ananda kemudian berjalan menuju lokasi tasmi' yang sudah disediakan. 


Lokasi ini berada di bagian Taman belakang dari Museum Gunung Merapi. Suasana yang sejuk membuat tasmi' menjadi semakin kondusif dan ananda pun menjadi lebih berkonsentrasi dalam melafadzkan kalam-kalam Allah Ta'ala. Tasmi' dimulai secara resmi pada pukul 09.30 WIB yang dipandu oleh ustadzah Atin. Dalam pembukaan tersebut, beliau menyampaikan kandungan jargon yang ada pada poster, "ketika kita sudah menghafalkan Al Quran, Murojaah adalah pekerjaan seumur hidup seorang Hafidz/ah. Begitupun dengan Akhlaqnya, harus senantiasa berusaha menjaga Akhlaq agar tetap sesuai dengan Al Quran. jadi, tidak hanya kita menghafal, namu juga kita berusaha semaksimal mungkin untuk mengamalkan apa yang sudah kita pelajari dan hafalkan", tutur beliau. 

Setelah dibuka, Kegiatan tasmi' dimulai dari surat An-Naas sampai An Naba' (juz 30) dan disusul dengan juz 29 serta juz 28. Ananda secara bergantian mentasmi' apa yang sudah dihafalkan. 1 anak mentasi' 1-2 surat. Secara keseluruhan, ananda telah mampu memuroja'ah dengan baik apa yang selama ini telah dihafalkan. Sembari menunggu giliran maju, ananda memnyimak sambil sesekali memuroja'ah surat yang mungkin sedikit terlupa. Sungguh, pemandangan yang sangat indah pada siang hari itu. 




Setelah selesai kegiatan, ananda kembali memasuki museum untuk melihat-lihat sebentar lalu pulang dengan menggunakan odong-odong lucu yang menambah keseruan pada hari itu. Dalam perjalan pulang, semangat ananda untuk muroja'ah tidaklah luntur. Pasalnya, mereka tetap melantukan Ayat-ayat Allah selama dalam perjalanan pulang. MaasyaAllah. Semga menjadi Syi'ar yang baik dan diridhai oleh Allah Subhanahuwata'alaa... aamiin




Reporter : Priha 
Foto : Ida Nahdhah

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya