Qurban di SDIT Hidayatullah Yogyakarta 1441 H


www.sdithidayatullah.net | Ahad, 12 Dzulhijjah 1441 H/ 2 Agustus 2020 M. Alhamdulillah terlaksana qurban di sekolah kita tercinta, SDIT Hidayatullah Yogyakarta. Tercatat ada 2 ekor sapi dan 14 ekor kambing yang disembelih hari ini.

sapi untuk qurban

Ustadz Rifki selaku kepala sekolah SDIT Hidayatullah saat diwawancarai tim Humas sekolah menyampaikan ada 3 tujuan diadakannya qurban di sekolah ini.
Pertama, mengenalkan salah satu syari’at di dalam Islam kepada anak-anak di sekolah sehingga sejak kecil mereka sudah mengenal tentang qurban dan sebagai salah satu bentuk pembelajaran.
Kedua, sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah  SWT.
Ketiga, sebagai bentuk empati kepada sesama. Hewan qurban tidak hanya dirasakan untuk warga sekolah tapi juga warga di lingkungan sekolah.

proses penyembelihan

Ustadz Jajang selaku ketua panitia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada para shahibul Qurban dan permohonan maaf jika ada yang tidak berkenan selama proses Qurban di sekolah.

"Semoga pandemi segera berlalu dan kita bisa melaksanakan qurban ditahun depan dengan lebih baik lagi." Harapannya diakhir wawancara.

penyerahan daging kepada shahibul qurban

Salah satu shahibul qurban adalah Ustadz Mohammad Fauzil Adhim.

"Alhamdulillah qurban di SDIT Hidayatullah dan saya sudah lupa ini tahun ke berapa saya qurban di sini ." Ucap beliau saat diwawancara.

"Dari sini anak saya belajar dan melihat sejak kelas 1 bahwa penyembelihan hewan qurban bukan sesuatu yang kejam. Ada adab-adab ketika menyembelih." Tambah beliau.

Beliau mengatakan salah satu alasan qurban di SDIT Hidayatullah adalah cara sekolah ini memperkenalkan penyembelihan hewan qurban ada adabnya, ada kasih sayang terhadap binatang, tidak memotong kecuali dengan pisau yang tajam, ini memberikan nilai yang positif dan berharga untuk anak-anak.

"Mudah-mudahan ini selain bernilai sebagai qurban tapi juga bernilai sebagai proses penyiapan generasi yang mau mengorbankan harta dan jiwanya untuk Allah." Tutup beliau.



koordinasi panitia 

cuci tangan dan pakai masker sesuai prosedur
proses pengulitan kambing

proses pengulitan sapi

proses perajangan

penyerahan daging kepada shahibul qurban
                                   


Rep: yuliasfita
Foto: Ida Nahdhah
Powered by Blogger.
close