» » » Terapkan 6K untuk Kenyamanan Belajar di Sekolah

Terapkan 6K untuk Kenyamanan Belajar di Sekolah

Penulis By on Sunday, November 11, 2018 | No comments

www.sdithidayatullah.net | (Senin, 5 Shafar 1440 H/12 Nopember 2018) Dipagi yang cerah kembali keluarga besar SDIT Hidayatullah Sleman Yogyakarta melaksanakan Upacara Bendera hari Senin bertempat di halaman sekolah.

Dalam sesi amanat, pembina upacara kali ini Ustadz Suyatno nenyampaikan tentang 6K. Kita harus melaksanakan 6K ini yaitu di antaranya:

Keamanan
Menjaga keamanan di sekolah di antaranya dengan menjaga barang-barang kita agar nyaman dalam belajar.

Kebersihan
Kebersihan adalah sesuatu yang penting baik jasmani maupun rohani. Hati kita dan lingkungan kita.
Kebersihan jasmani di antaranya: mandi, dan menjaga badan kita harus bersih.

Hati kita juga bersih, di antaranya suka kepada kebaikan, berbuat baik kepada siapapun, seperti kita berbuat baik kepada diri kita sendiri.

Menjaga Kebersihan kelas, tidak hanya yang piket saja, tetapi tanggung jawab kita bersama.

Ketertiban
Ketertiban adalah hal yang penting dalam kehidupan manusia. Terutama dalam belajar kita harus tertib dalam waktu, menyiapkan alat belajar, tertib dalam proses belajar, dan lain-lain.

Keindahan
Keindahan adalah bagian dari iman kita. Tidak hanya terkait dengan lingkungan kita. Tetapi juga dengan pribadi kita. Kita harus membuat tertib dan indah kelas kita.

Keindahan di sekolah sekarang di antaranya kita jaga dengan adanya taman-taman di sekolah kita, agar sekolah tampak indah. Dengan adanya taman dan tanaman ini kita, kita akan mendapatkan banyak oksigen yang kita butuhkan untuk bernafas.

Kekeluargaan
Kekeluargaan sangat penting dalam hubungan lahir dan batin antara murid dan murid, urid dengan guru, guru dengan guru. Semua warga di sekolah seperti halnya satu keluarga. Guru adalah orang tua kedua bagi murid.

Kenyamanan
Setelah ke 6K tersebut dilaksanakan maka akan tercapai kenyamanan. Sebaiknya kita tertib di kelas agar belajar kita menjadi nyaman. Agar guru tidak sia-sia dalam menyampaikan ilmu kepada kita karena perilaku kita yang tidak tertib.

Semoga kita dapat melaksanakan 6K tersebut di sekolah dan kehidupan kita.

Rep & Foto : Ayun Afifah
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya