» » » ISTIMEWA DENGAN NILAI-NILAI ADAB

ISTIMEWA DENGAN NILAI-NILAI ADAB

Penulis By on Sunday, February 4, 2018 | No comments


Oleh: Hendy Mustiko Aji

www.sdithidayatullah.net || Banyak orangtua dan sekolah-sekolah SD mendefinisikan PRESTASI dengan hal-hal yang berbau Akademik.
Prestasi = Ranking 1 di kelas
Prestasi = Juara berhitung
Prestasi = Juara olimpiade matematika, dan seterusnya.

Ketika semenjak kecil sudah diajarkan dengan fokus seperti itu, lalu kapan adab dan akhlaq ditanamkan? Tidak heran jika banyak yang merasa anak-anak 'Zaman Now' sangat kurang adab dan akhlaqnya. Termasuk yang sudah menjadi mahasiswa/i, dan juga yang sudah berkerja di instansi manapun.

Menarik di SDIT Hidayatullah Yogyakarta. Disana prestasi didefinisikan lebih kepada hal-hal yang berbau nilai dan adab Islam. Siswa/i ditanamkan adab dan akhlaq Islam semenjak dini.
Waktu saya observasi kesana, saya kebingungan mencari-cari ruang kepala sekolah. Ditengah kebingungan saya, tiba-tiba ada seorang murid senyum-senyum lalu datang ke arah saya, mencari tangan saya untuk 'salim' dan menawarkan diri untuk membantu kebingungan saya. Menurut saya sangat jarang sekali ada siswa SD yang bisa seperti ini.

Kali ke-2 saya observasi pun sama. Ketika ada siswa melintas didepan saya, siswa ini senyum lalu mengucapkan salam 'Assalamu'alaikum' dengan berhenti sejenak menatap saya. Masya Allah! Senang sekali rasanya hati ini jika adab dan akhlaq anak-anak sudah seperti ini.

Buat saya pendidikan dengan orientasi seperti ini yang lebih dibutuhkan siswa SD.
Ingin rasanya mahasiswa/i saya pun bisa seperti itu. Ketika bertemu dosennya senyum dan mengucapkan salam, bukan malah pura-pura gak kenal.


#therealeducation
#pendidikantauhid
#terusberbuatbaik
#terusmenanamkebaikan
#pendidikanadab
#excellentwithintegralcharacter
#bukahatidenganpendidikantauhid

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya