Rihlah Ilmiah Kelas 6 SDIT Hidayatullah Sleman Yogyakarta


www.sdithidayatullah.net | Sabtu, 23/04/16, murid-murid kelas 6 SDIT Hidayatullah Sleman Yogyakarta melakukan Kunjungan Belajar dan Rihlah. Kunjungan ini mengambil tema "Rihlah Ilmiyyah 2016, Bismillah Aku Bisa, Sukses Dunia dan Akhirat". Kunjungan ini mengambil 3 lokasi di Magelang yaitu: SMPIT Ihsanul Fikri, Obyek Wisata Ketep Pass, dan Perkebunan Stroberi.

Kegiatan diawali dengan Apel Motivasi bersama wali kelas masing-masing. Apel Motivasi Kelas 6A (Putra) dilakukan bersama Ustadz Novi Afriadi, S.H.I. Beliau mengatakan, "Orang yang melakukan perjalanan (musafir) itu doanya Insya Allah dikabulkan. Dan hendaknya kita niatkan rihlah kali ini untuk mencari ilmu dan bukan hanya berfoya-foya", Ustadz Novi memberi pesan. Kegiatan apel diakhiri dengan doa bersama dan takbir penuh semangat mujahid Kelas 6A.

Saat waktu menunjukkan pukul 07.35, rombongan murid kelas 6 menaiki bus menuju ke Magelang. Selama perjalanan kami melihat pemandangan indah. Di tengah perjalanan kami melihat truk besar dan mollen yang banyak. Ternyata mereka sedang menambang pasir. Tetapi kami merasa miris,"Kenapa mereka menambang pasirnya berlebihan sekali?" Itu lah yang terbayang oleh kami saat itu.

Pada waktu itu juga banyak mobil-mobil klasik (jaman dulu/jadul) yang sedang melakukan konvoi keliling kota. Perjalanan kami menuju ke Magelang dinaungi rasa kegembiraan. Tak lama kemudian akhirnya kami sampai di Pondok Pesantren Ihsanul Fikri. Disana kita disambut dengan meriah oleh kakak kakak santri di sana. Kami melakukan pembukaan di Masjid Mujahidin, yang berada di kompleks pondok.

Pembukaan dilakukan oleh santri-santri Ihsanul Fikri dan Kepala Sekolah Pak Mohammad Muhtar. Setelah acara ramah tamah, perwakilan dari SDIT Hidayatullah dan Ihsanul Fikri saling bertukar cindera mata atau kenang-kenangan.

Usai acara pembukaan, dilanjutkan sesi presentasi oleh Pengurus OSIS SMPIT Ihsanul Fikri. Setelah itu kita melakukan kunjungan ke sekitar pondok. Setelah berkeliling, kami memasuki GOR dan bermain futsal bertanding dengan kakak-kakak SMPIT Ihsanul Fikri. Meskipun kalah, kami tetap gembira. Kunjungan di Pondok Ihsanul Fikri kami akhiri dengan berfoto bersama di depan masjid juga di pintu masuk.

Rihlah di Ketep Pass dan Kebun Stroberi
Dari Pondok Ihsanul Fikri, kami melanjutkan perjalanan menuju obyek wisata "Ketep Pass". Perjalanan yang cukup lama dan naik turun gunung. Dalam perjalanan, sempat terjadi kemacetan karena sedang diadakan perbaikan jalan.

Setelah sampai di Ketep Pass kami memasuki gedung museum. Banyak kenangan tentang Gunung Merapi yang dipamerkan di gedung museum ini. Setelah dari museum kami menyempatkan beristirahat di atas gunung sambil melihat pesona Gunung Merapi yang saat itu sedang tertutup kabut. Banyak yang menyewakan terepong disana. Setelah cukup beristirahat, kami kemudian makan siang bersama.

Usai makan dan shalat Dhuhur, kami melanjutkan perjalanan menuju "Kebun Stroberi". Perjalanan menuju ke kebun stroberi ini agak menantang, karena jalannya sudah agak rusak dan menanjak. Setelah sampai di sana, kami sejenak menikmati udara sejuk pegunungan. Dan tidak lama kemudian ada murid-murid yang memetik stroberi untuk ditimbangkan dan dibayar. Ada jga yang membeli bibitnya untuk ditanam dirumah.

Puas di kebun stroberi, kami kembali lagi ke Ketep Pass untuk menonton theater volcano. Setelah itu kita berfoto bersama. Sebelum pulang, kami diberi waktu sebentar untuk bermain bebas.

Setelah puas bermain, kami bersegera menuju bus untuk kembali pulang ke
sekolah, dan akhirnya pulang kerumah masing-masing. Alhamdulillah... Pengalaman rihlah yang menyenangkan dan luar biasa, yang tak kan kami lupakan.
Galeri foto kegiatan KLIK DI SINI
Reporter: Rofi Pratama & Shalahuddin Al Hasyir, Murid kelas 6A SDIT Hidayatullah Sleman
Editor: Ayun Afifah
Foto: Roidatun Nahdah
Admin: Mahmud Thorif

0 Response to "Rihlah Ilmiah Kelas 6 SDIT Hidayatullah Sleman Yogyakarta"

Post a Comment