» » » » Murid SDIT Hidayatullah Yogyakarta Maju MTQ Tingkat Nasional

Murid SDIT Hidayatullah Yogyakarta Maju MTQ Tingkat Nasional

Penulis By on Tuesday, June 18, 2019 | No comments


www.sdithidayatullah.net | Gelaran Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta hari ini Selasa (18/6) terlaksana di Kulon Progo tepatnya di SMKN 2 Pengasih.

Utusan 5 Kabupaten/kota mengikuti perlombaan MTQ Tahun 2019.  31 Kafilah Kabupaten Sleman dikirim mengikuti ajang ini. Kafilah utusan Sleman adalah hasil juara 1 MTQ Pelajar tingkat Kabupaten Sleman yang telah dibina oleh tim gabungan dari Dinas Pendidikan dan Kemenag Sleman.

Para Kafilah disambut Bupati Kulonprogo diwakili Asisten Administrasi dan Pemerintahan Sekda Kulonprogo Jumanto SH., 

"MTQ sebagai Media syiar serta untuk mengisi pendidikan karakter dan mental peserta didik dengan tuntunan qur’ani," jelasnya saat memberikan sambutan.

Sementara itu Gubernur DIY yang diwakili Sekda DIY Ir. Gatot Saptadi mengucapkan Selamat kepada kafilah, dengan MTQ Pelajar harapannya bisa terwujud generasi yang unggul cerdas dan berahlaq karimah. Sekda menambahkan, "MTQ hadir sebagai sarana mewujudkan Islam yang rahmatan lil alamin, dibaca dipahami dan diamalkan agar tumbuh sebagai pedoman hidup," imbuhnya.


Pada kesempatan yang sama Kepala Kemenag Sleman H. Sa’ban Nuroni menyampaikan harapan agar Kafilah kafilah utusan Kabupaten Sleman bisa menyelesaikan perlombaan ini dengan sebaik baiknya, sehingga akan menghasilkan hasil terbaik dan bisa meraih juara umum.

Dalam laporanya Kepala Dinas Pendidikan DIY R. Kadarmanto Baskoro Aji menyampaikan Kegiatan ini Merupakan kelanjutan MTQ di tingkat Kabupaten, yang juara 1 nya mewakili pada tingkat propinsi ini, selanjutnya juara MTQ akan dikirim ke pentas PAI tingkat nasional.

Gelaran tahunan ini merupakan kerjasama Dikpora DIY dan kanwil kemenag DIY, Diikuti pelajar SD, SMP dan SMK/A. 8 mata lomba yang dibagi 22 jenis kejuaraan diperebutkan pada ajang ini, diikuti 155 peserta utusan 4 Kabupaten 1 Kota Se DI Yogyakarta.

Pada gelaran kali ini, SDIT Hidayatullah mengutus 3 murid dalam 2 cabang musabaqah, yaitu;

MTQ Putri : Salma Mujahidah Arrosyidah
MHQ Putra : Haikal Rabbani
MHQ Putri : Hanifah Ihda Al Husnayain

Kafilah SDIT Hidayatullah dilepas dan diantar langsung menuju tempat lomba oleh Kepala Sekolah Muhammad Rifki Saputra, S.Pd.I. Dan berkat doa, dukungan dan bimbingan dari orangtua dan para guru, alhamdulillah ananda Salma Mujahidah Arrosyidah berhasil meraih peringkat 1 pada cabang MTQ Putri dan dinyatakan lolos untuk maju ke tingkat Nasional. Adapun ananda Haikal Rabbani meraih peringkat ketiga MHQ Putra. Tabarakallah.


Hasil Keseluruhan MTQ DIY Sleman :

1. LKKMS SD Ambarukmo juara 1
2. MTQ SD Pa Juara 2
3. MTQ SD Pi Juara 1.
4. MTQ SMP Pa Juara 2
5. MTQ SMP Pi Juara 3
6. Pidato  SD Pa Juara 3
7. Pidato SD Pi Juara 3
8. Pidato SMP Pa Juara 1
9. MHQ SD Pa Juara 3
10. MHQ SMP Pa Juara 3
11. MHQ SMP Pi Juara 2
12. LCP SMP Juara 3
13. Debat PAI SMA SMK Juara 3
14. Kaligrafi SMP Juara 2
15. Kreasi Busana SMA SMK Juara 2
16. Nasyid SMA SMK Juara 2.

Rep: Ida Nahdhah, Website Kemenag Sleman
Foto: Ikki' Rifki


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya