» » » Mabit Kelas Tahfidz "Suci Hatiku, Suci Badanku"

Mabit Kelas Tahfidz "Suci Hatiku, Suci Badanku"

Penulis By on Sunday, December 15, 2019 | No comments


www.sdithidayatullah.net || Jum'at-Sabtu (16-17 Rabbiul Akhir 1441 H/13-14 Desember 2019 M), sebanyak 45 murid SDIT Hidayatullah Kelas Tahfidz 2C dan 2D telah melaksanakan serangkaian acara MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) yang diselenggarakan di Gedung SDIT Hidayatullah tepatnya di Ruang Kelas 2C dan Amanah, serta kelas 1B yang difungsikan sebagai Ruang bersama dalam menyampaikan materi dan sholat. Mabit ini merupakan yang pertama untuk SDIT Hidayatullah yang pesertanya adalah kelas 2. Mabit perdana ini mengangkat tema "Suci Hatiku, Suci Badanku". Tema ini selaras dengan materi yang disampaikan saat Mabit, yaitu Materi Thoharoh dasar. 


Hujan tak mengalangi semangat ananda untuk tetap berangkat ke Sekolah guna mengikuti Rangkain acara Mabit ini. begitu antusias anak-anak mempersiapkan segala sesuatunya sendiri. "Iya ustadzah, ini mbak shiva semangat sekali dari kemarin menyiapkan peralatannya sendiri, tidak mau dibantu", ujar salah satu wali yag mengantarkan putrinya Mabit. Kemandirian sudah tercermin sejak persiapan Mabit. Anak-anak tiba di Sekolah sekitar pukul 17.00 hingga 17.40 WIB. Kegiatan diawali dengan sholat maghrib berjama'ah dan dibuka oleh Ustadz Haris. "Semangat yaaa, kalian disini akan mengikuti Mabit, semoga pulang dari sini banyak pelajaran yang bisa diambil terutama anak-anak bisa lebih baik lagi dari sebelumnya, menjadi anak yang berbakti pada orangtua dan lebih taat sama Allah", begitu kiranya sedikit penyemangat dari Ustadz Haris. 


Setelah pembukaan dan sholat, anak-anak makan malam. Sate menjadi santapan lezat sembari menunggu waktu Isya' tiba. 


Setelah menikmati santapan malam, berlanjut anak-anak melakukan sholat isya' berjamaah serta dzikir. Kemudian dilanjut dengan penyampaian materi oleh Ustadz Muhammad Haris yang menyampaikan materi Thoharoh. Anak-anak menyimak materi yang disampaikan oleh Ustadz Haris dengan seksama. Setelah materi juga ditampilkan video renungan yang bertujuan menggungah jiwa empati anak-anak untuk lebih menyayangi dan menghormati Orangtua dan Guru. 


Setelah selesai materi, ditambah dengan renungan dan do'a yang juga dipandu oleh ustadz Muhammad Haris. Anak-anak mengikuti dengan hikmat sembari beberapa menahan kantuk, namun tetap bersemangat dan khusyuk dalam berdo'a.



Kegiatan malam itu berakhir dengan renungan dan do'a yag menjadi harapan agar anak-anak menjadi anak yang lebih taat dari sebelumnya. Kemudian anak-anak bersih diri dan persiapan tidur. Pada pukul 22.00 WIB semua anak telah terkondisikan untuk tidur, hingga pukul 03.00 WIB, anak-anak dibangunkan untuk mengikuti rangkaina sholat lail sebanyak 12 Raka'at. 

Seusai Sholat lail, anak-anak melakukan sholat subuh berjama'ah dan dilanjut dengan halaqah. Dalam kegiatan Halaqah ini, anak dibagi per kelompok. Kegiatan yang dilakukan dalam kelompok Halaqahnya yaitu muroja'ah juz 29 hingga syuruq, yaitu sekitar pukul 05.00 WIB. 





Setelah kegiatan Muroja'ah pagi, di lanjut dengan kegiatan terakhir yaitu jalan-jalan keliling Balong. Adapun rute yang diambil yaitu dari Sekolah ke Utara hingga Balong, ke Jalan Raya Utama, melewati SPBU Balong, hingga Kayunan, kemudian kembali ke Sekolah. Anak-anak berjalan kurang lebih sejauh 3 Km dengan riang gembira sembari menghirup udara pagi yang masih begitu segar, sekitar 45 menit. 



Setelah semua kegiatan terlaksana, anak-anak bersiap pulang, membereskan semua peralatan yang digunakan Mabit serta membantu ustadzah merapikan kembali kelas yang digunakan untuk kegiatan tersebut. 


Potret Keceriaan anak-anak terlihat seusai kegiatan, bahkan ada yang ingin menambah Mabitnya, tentunya dengan menambah ilmu-ilmu yang bermanfaat, yang mampu diaplikasikan dalam kehidupan ananda sehari-hari. 

Dari kegiatan ini, diharapkan Ananda mampu menjadi anak yang lebih mandiri, bertanggungjawab dan tuntas dalam materi Thoharoh, sehingga dalam menjalankan ibadahpun juga lebih sempurna, karena ananda memahami bagaimana bersuci yang benar. 

Semoga ananda menjadi lebih bersemangat dalam belajar, menghafal Al Qur'an dan beribadah kepada Allah serta taat kepada Orangtua dan Gurunya. Aamiin Yaa robbal 'Aalamiin


Reporter dan Foto : Atin 








Baca Juga Artikel Terkait Lainnya