» » » BMH Adakan Pelatihan "Classroom Management" Di SDIT Hidayatullah

BMH Adakan Pelatihan "Classroom Management" Di SDIT Hidayatullah

Penulis By on Sunday, December 2, 2018 | No comments


www.sdithidayatullah.net | (Ahad, 2/12/2018) Sekolah adalah tempat belajar bagi siswa, dan tugas guru yang sebagian besar terjadi dalam kelas adalah membelajarkan siswa dengan menyediakan kondisi belajar yang optimal. Kondisi belajar yang optimal dicapai jika guru mampu mengatur siswa dan sarana pengajaran serta mengendalikanya dalam situasi yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pelajaran.

Untuk meningkatkan optimalisasi ini, BMH Yogyakarta bekerjasama dengan Yayasan As Sakinah Hidayatullah Jogja, PT. Riung Mitra Lestari dan UMMI Foundation Surabaya mengadakan pelatihan CLASSROOM MANAGEMENT bagi seluruh guru kelas dan guru Mata Pelajaran SDIT Hidayatullah.  Hadir sebagai pembicara Farda Khoirul Roin, S.Psi. dan Khoirun Nasik, M.Hi.




Manajemen kelas merupakan bagian integral pengajaran efektif yang mencegah masalah perilaku melalui perencanaan, pengelolaan, dan penataan kegiatan belajar yang lebih baik, pemberian materi pengajaran yang lebih baik, dan interaksi guru siswa yang lebih baik, membidik pada pengoptimalan keterlibatan dan kerjasama siswa dalam belajar. Teknik kontrol perilaku atau pendisiplinan pada akhirnya akan tidak terlalu efektif karena teknik tersebut tidak mendorong perkembangan disiplin diri atau tanggung jawab anak sendiri atas tindakannya. Untuk Itu Nilai-nilai dan ketrampilan sosial harus diajarkan dan dicontohkan oleh guru yang bersangkutan.

Secara umum, materi yang disampaikan adalah sebagai berikut;

1. Dinamika Classroom Management

2. Tujuan Kelas

3. Menetapkan Peraturan Kelas

4. Prosedur Utama Kelas

5. Penghargaan

6. Tahapan Menegur

Kegiatan Pelatihan yang digelar selama dua hari pada sabtu dan ahad ini diselenggarakan di gedung SDIT lantai 3.  Kepala SDIT, Muhammad Rifki Saputra, S.Pd.I, mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah bentuk usaha sekolah dalam meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran.

“Pada saat ini, ilmu yang mendatangi kita. Maka sudah seharusnya kita bisa memaksimalkan keikutsertaan dalam kegiatan ini, menjadi peserta yang antusias dan aktif menggali semua keingintahuan terhadap materi yang diberikan oleh para trainer.” Pesannya.

“Harapannya tetap ada tindak lanjut kegiatan ini guna mengaplikasikan desain materi yang telah didapatkan, sehingga perubahan itu tampak jelas ada hasilnya dari sebelum ada kegiatan ini, dan bisa dirasakan oleh semua stakeholder yang ada di sekolah.” Lanjut pria kelahiran Balikpapan ini.



Rep: Ida Nahdhah
Foto: Ikki' Rifki




Baca Juga Artikel Terkait Lainnya