» » » Studi Banding SDIT Bakti Insani di SDIT Hidayatullah Yogyakarta

Studi Banding SDIT Bakti Insani di SDIT Hidayatullah Yogyakarta

Penulis By on Thursday, November 1, 2018 | No comments


www.sdithidayatullah.net | (21 Shafar 1440 H/1 November 2018 M) Sebanyak 12 orang Guru Al-Quran SDIT Bakti Insani Sleman selama 2 hari berkunjung di SDIT Hidayatullah Yogyakarta. Kunjungan ini dibagi menjadi 2 kelompok selama 2 hari, yaitu Selasa dan Kamis di pekan ini. Adapun fokus studi banding dari salah satu SDIT yang berada di tengah Kota Sleman ini adalah pembelajaran Al-Quran Metode Ummi.

"Banyak hal yang bisa kami dapatkan di sekolah ini," kata Ustadz Suryana, selaku Wakil Kepala Sekolah SDIT Bakti Insani yang menjadi pemimpin rombongan kunjungan ini dalam diskusi ringan. "Ternyata sekolah kami itu di kota tetapi ilmunya ndeso, tetapi SDIT Hidayatullah ini ndeso tapi ilmunya kutho." Begitu kelakar Ustadz Suryana yang ternyata juga pengusaha gethuk ini.

Diskusi Pembelajaran Metode Ummi
Selama 2 hari kunjungan, SDIT Bakti Insani Sleman ini fokus pada proses pembelajaran Al-Quran Metode Ummi. Adapun studi banding yang dilaksanakan yaitu dengan metode pengamatan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Al-Quran Metode Ummi dan diskusi.

Diskusi ringan berlangsung hangat, banyak hal yang disharingkan antara kedua SDIT yang sama-sama berkedudukan di Kabupaten Sleman ini. Mulai dari bagaimana mewujudkan dan mengelola kelas dengan baik.

"Menyamakan persepsi dari masing-masing guru bahwa mengajarkan Al-Quran adalah tugas yang mulia." Kata Ustadz Muhammad Haris, selaku Koordinator Al-Quran SDIT Hidayatullah Yogyakarta  dalam sebuah pengantar diskusi.

"Sehingga totalitas saat guru/ustadz mengajar itu bukan karena orientasi dunia akan tetapi karena menginginkan derajat terbaik di hadapan Allah." Lanjut Ustadz Haris.

Beliau lalu mengutip sebuah hadits, "Sebaik-baik kalian adalah yang belajar dan mengajarkan Al-Quran." Pungkasnya.

Pengamatan KBM Al-Quran Metode Ummi
Dihari kedua, diskusi pembelajaran Al-Quran dilaksanakan di ruang kantor gedung lantai 2 SDIT Hidayatullah Yogyakarta, dengan dipandu oleh Ustadzah Indah dan Ustadzah Ayun.





Laporan @emthorif
Foto @indah
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya