» » » Berkah dalam Makan Berjamaah

Berkah dalam Makan Berjamaah

Penulis By on Tuesday, July 17, 2018 | No comments

Copyright foto: babel.antaranews.com
www.sdithidayatullah.net || Ada berkah dalam makan berjamaah. Walau makannya sedikit, namun jika dengan berjamaah, dua atau tiga orang, itu pun bisa mengenyangkan. 

Lalu apa saja keberkahan dari makan berjamaah?

Ternyata makan bersama-sama selain memberikan rasa gembira saat makan, ternyata juga mempunyai keberkahan di dalamnya. Hal ini menegaskan bahwa dalam melakukan suatu hal baik, hendaknya kita lakukan secara berjamaah agar Allah turunkan keberkahan pada kita.

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu, beliau menyatakan bahwa ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

طَعَامُ الاِثْنَيْنِ كَافِى الثَّلاَثَةِ ، وَطَعَامُ الثَّلاَثَةِ كَافِى الأَرْبَعَةِ

“Makan satu orang itu cukup untuk dua orang. Makanan dua orang itu cukup untuk empat orang. Makanan empat orang itu cukup untuk delapan orang,” (HR. Bukhari no. 5392 dan Muslim no. 2058).).

Hadits lainnya menunjukan, “Makanlah bersama-sama dan sebutlah nama Allah sebelumnya tentu makanan tersebut akan diberkahi,” (HR. Abu Dawud).

Beberapa faedah dari hadits di atas:

1- Islam mendorong umatnya untuk hidup qonaah dan sederhana. Yang dimaksud qonaah adalah selalu merasa cukup dengan nikmat yang Allah beri.

2- Angka yang disebut dalam hadits tidaklah menunjukkan batasan yang penting adalah saling berbagi demi mendapat berkah.

3- Disunnahkan makan sambil berjama’ah, jangan makan seorang diri.








Baca Juga Artikel Terkait Lainnya