» » » Serunya Bazaar Hasil Karya Murid di SDIT Hidayatullah

Serunya Bazaar Hasil Karya Murid di SDIT Hidayatullah

Penulis By on Friday, March 30, 2018 | No comments

Latihan bermuamalah jual beli sejak dini
www.sdithidayatullah.net | (Jum'at 30/03/2018) Salah satu rangkaian dari kegiatan Musabaqah MIPA yang paling dinanti-nanti oleh Murid SDIT Hidayatullah Yogyakarta adalah Bazaar Hasil Karya Murid. 

Ya, kegiatan ini selalu semarak, ramai, dan menyenangkan.  Keceriaan dan semangat terlihat jelas di wajah para murid, semua terlibat dan aktif mempromosikan hasil karya dari kelas masing-masing. Apatah lagi jika hasil karya mereka berhasil dibeli oleh teman-teman, para guru, wali murid dan para pengunjung, bisa dipastikan senyum dan tawa akan selalu menghiasi wajah-wajah polos nan suci itu.
"Yuuk kakak, mampir.. tanya-tanya aja dulu kak.."

Setiap kelas memajang dan menawarkan hasil karya tangan mereka di stand-stand yang telah ditentukan. Barang yang dipamerkan pun beragam, mulai dari barang-barang elektronik sederhana, rak mini, tempat tissue, tempat pensil, gantungan kunci, bunga dan lain sebagainya yang dibuat dari bahan-bahan habis pakai atau barang bekas. 
Mas Aziz dan kawan-kawan menjaga stand kelas 3A dengan semangat

Harga barang yang dijual pun beragam, ada yang menjualnya dengan harga 2000 rupiah, 5000, hingga 25.000/pcs. Namun tidak melebihi 25 ribu, harga maksimal yang telah ditentukan oleh Panitia. 

Ratusan murid tumplek blek di dalam Aula dan Area Parkir yang telah disulap menjadi 'Pasar' selama setengah hari. Riuh rendah suara anak-anak menawarkan barang dagangannya, kadangkala dengan sedikit gaya menodong, terutama kepada para Ustadz dan Ustadzah.

"Ustadzaah.. Ayo dong, beli karya kelas kita.. Murah kok, Ustadzah. Cuma 4 ribu. Wadah buat Bolpoin, Pensil atau apa aja deh.. ya ya, Ustadzah, dibeli yaa.. Atau ini, Bros-bros cantik, pasti cocok deh kalau dipakai Ustadzah."
Stand kelas VI Putri. Karyanya bagus-bagus lho..

Ada juga,
"Ustadzz.. Beli bunganya buat istrinya Ustadz atau buat Ibunya Ustadz. Halal dan Thoyyib kok bunganya, Ust.hehe"

Di sudut yang lain,


"Ustadzah, beli Rak Mini yaaa.. ada diskon looh."


"Diskonnya berapa?" Sang Ustadzah mulai tertarik.


"Dari 19.000 jadi 18.500." Jawab murid tersebut dengan polosnya.


Mantap, nak. Banyak banget potongannya. Pada akhirnya Rak Mini itu berhasil berpindah tangan. 😃😂


Tengoklah, gaya para murid ini dalam menawarkan dagangannya. Menggemaskan. Bagaimana bisa diabaikan begitu saja? 😆
"Musabaqah MIPA; Ciptakan Prestasi, Gali Potensi"

Point terpenting, Bazaar Hasil Karya Murid ini diharapkan menjadi wasilah dan latihan bagi mereka untuk memupuk jiwa berdagang dan bermuamalah yang baik, belajar berhitung uang kembalian, harga produk, hingga kalkulasi untung rugi. 

"Ayo, Kak Ibra, Kak Adi, jangan cuma dipegang doang, dibawa pulang dong.."

Kegiatan Bazaar Hasil Karya Murid dimaksudkan untuk mengajarkan peserta didik untuk membuat karya atau produk dan menanamkan nilai-nilai entrepreneuship. Karya yang dibuat peserta didik berupa karya yang memiliki nilai jual atau minimal karya tersebut bermanfaat untuk peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Penanaman nilai-nilai entrepreneurship untuk peserta didik seperti kemandirian, kreatif, keberanian, kepemimpinan, berani mengambil resiko, dan kerja keras. Penanaman nilai-nilai entrepreneurship dilakukan melalui pembiasaan sehingga peserta didik memiliki karakter yang unggul.
Keramaian di Stand Murid Putra




Yuuk kunjungi Galeri Foto Musabaqah MIPA dan Bazaar Hasil Karya Murid SDIT Hidayatullah. Disini:  ↓


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya