» » » Haflatul Qur'an; Sukses Dunia Akhirat Bersama Al Qur'an

Haflatul Qur'an; Sukses Dunia Akhirat Bersama Al Qur'an

Penulis By on Friday, February 16, 2018 | No comments




www.sdithidayatullah.net│(Jum’at, 16/02/2018)Dalam rangka membentuk generasi muda yang berakhlak Qur’ani dan memiliki kecintaan yang besar terhadap al Qur’an, SDIT Hidayatullah Yogyakarta kembali menyelenggarakan Haflatul Qur’an yang berlangsung dengan ceria dan penuh semangat. Tempat pelaksanaan putra dan putri dipisah, untuk murid putra diadakan di Masjid Markazul Islam, adapun murid putri bertempat di Aula SMI Hidayatullah. 

Haflatul Qur'an adalah ajang mengekspresikan cinta al-Qur'an yang dikemas dalam berbagai penampilan seni panggung yakni Tilawah dan Tartil al Qur'an, Tahfidzul Qur'an, Puitisasi/Saritilawah, Nasyid Perjuangan, Drama, dan Pidato. Seluruh tampilan bermuatan pesan-pesan dan nilai-nilai dari Al Qur'an. 
Pembukaan Haflatul Qur'an oleh Kepala Sekolah SDIT Hidayatullah

Kegiatan Haflatul Qur’an diadakan setiap satu tahun sekali dan diikuti oleh seluruh murid SDIT Hidayatullah Yogyakarta juga disaksikan oleh para wali murid yang berkesempatan hadir. Acara yang dimulai sejak jam 07.00 pagi hingga jelang zuhur ini dibuka langsung oleh kepala sekolah Ustadz Subhan Birori, S.Ag. 

Dalam sambutannya, Ustadz Subhan mengingatkan anak didik untuk berusaha memberikan penampilan yang terbaik agar kiranya kegiatan ini dapat menjadi batu loncatan lahirnya para generasi muda yang cinta al Qur’an dan mengamalkannya dalam keseharian.

“Jika kita senantiasa membumikan al Qur’an, insya Allah kehidupan kita pun akan ‘dilangitkan’ oleh Allah. Percayalah anak-anakku, orang yang mencintai al-Qur’an, senantiasa melestarikannya dan mengamalkan dalam kesehariannya, maka kesuksesan dunia dan akhirat ada bersamanya.” Pesan Ustadz Subhan kepada seluruh peserta Haflatul Qur’an, kelas 1 hingga 6 SDIT Hidayatullah. 
Adik-adik Kelas I C berani tampil di panggung


Sepanjang Haflatul Qur’an berlangsung, anak-anak terlihat antusias dan bersemangat menyaksikan penampilan demi penampilan oleh setiap kelas. Adapun tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kecintaan anak terhadap al Qur’an, hingga mampu menjadikannya petunjuk abadi menuju keridhaan Allah Subhaanahu wa Ta’aala, sebagaimana tema kegiatan yang diusung yakni “Sukses dunia akhirat bersama al Qur’an.” 

Sesi penghujung acara disemarakkan oleh pengumuman penampilan-penampilan terbaik putra dan putri. Adapun kelas yang tahun ini berhak mengangkat Thropy dan sertifikat adalah sebagai berikut:

Penampilan Terbaik kelas Bawah Putri:
Terbaik 1 : Kelas II C
Terbaik 2: Kelas I C
Terbaik 3: Kelas III C

Penampilan Terbaik kelas Atas Putri:
Terbaik 1: Kelas IV B
Terbaik 2: Kelas V B
Terbaik 3: Kelas IV C

Penampilan Terbaik kelas Bawah Putra:
Terbaik 1: Kelas III A
Terbaik 2: Kelas III D
Terbaik 3: Kelas I D

Penampilan Terbaik kelas Atas Putra:
Terbaik 1: Kelas Amanah
Terbaik 2: Kelas VI A
Terbaik 3: Kelas IV D
Penampilan dari Kelas I A

Disela pengumuman penampilan-penampilan terbaik, MC tidak lupa mengingatkan bahwa semua kelas telah menampilkan yang terbaik, maka tidak perlu berkecil hati hanya karena belum berkesempatan membawa pulang thropy. Para peserta pun tetap tersenyum dan lega, disebabkan setiap kelas mendapatkan 1 bingkisan yang telah disediakan oleh panitia acara, alhamdulillah, memang benar—semua terbaik!

Untuk menyaksikan video-video penampilan murid, silahkan kunjungi : 
https://www.youtube.com/channel/UCg3vMDKjieFl-QcYVR_PjVg



Laporan: Rida Nahdhah
Foto: Dokumen SDIT Hidayatullah


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya