Entrepreneurship for Students SDIT Hidayatullah, Menanamkan Jiwa Wirausaha Sejak Dini



www.sdithidayatullah.net | Dalam rangka menanamkan jiwa kewirausahaan sejak dini untuk murid SDIT Hidayatullah, maka SDIT Hidayatullah merancang sebuah kegiatan pembelajaran di luar kelas yaitu "Entrepreneurship for Students SDIT Hidayatullah".

Acara semesteran ini menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh murid-murid SDIT Hidayatullah dari semua jenjang kelas 1 sampai dengan kelas 6. Antusiasme murid terlihat menjelang akan dilaksanakan kegiatan ini. 

Apa sih Entrepreneurship for Students di SDIT Hidayatullah itu?
Ini adalah ajang mengasah jiwa wirausaha sejak dini, di mana murid kelas 3 sampai dengan kelas 6 dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membuat produk makanan atau minuman lalu menjualnya kepada teman-temannya atau orangtua/wali murid yang diundang. 

Setiap kelompok akan dibimbing oleh guru untuk mengarahkan dan membimbing murid-murid. Setiap kelompok, biasanya terdiri dari 9-12 murid, bersepakat untuk mengumpulkan modal usaha, biasanya oleh sekolah dibatasi Rp 10.000 - Rp 15.000 setiap anak. 

Modal yang terkumpul akan dibelanjakan untuk memberi bahan-bahan menu yang akan dijajakan. Adapun menu-menu yang dibuat oleh setiap kelompok telah ditentukan oleh sekolah. Pun setiap kelompok, bersepakat untuk membawa perlengkapan yang akan dipakai untuk membuat menu yang telah ditetapkan tadi.

Siapa Pembelinya?
Kegiatan ini diperuntukkan bagi murid, guru, dan orangtua/wali murid SDIT Hidayatullah dan masyarakat pada umumnya. Jadi siapa saja bisa menjadi pembeli dalam kegiatan ini. Karena di kompleks Pondok Pesantren Hidayatullah ada sekolah mulai dari TK, SD, MTs, dan MA maka kebanyakan yang menjadi pembeli adalah anak-anak ini. 

Setiap murid dibolehkan membawa uang untuk belanja sejumlah yang ditentukan oleh pihak sekolah. Biasanya antara Rp 10.000,- s.d. Rp 15.000,- setiap anak. Murid yang menjualpun dibolehkan membeli barang dagangan murid yang lain.

Ada Untung dan Rugi
Yang namanya jual beli, maka ada keuntungan atau kerugiannya. Nah di sinilah peran seorang pembimbing, bagaimana mengarahkan anak didiknya untuk menjual produk untuk memperoleh keuntungan. Namun tidak sedikit kelompok yang mengalami kerugian, di sini juga bisa menjadi media pembelajaran kepada anak didik, bahwa tidak setiap yang kita usahakan bisa berhasil, terkadang bisa gagal.

Peran pembimbing adalah memotivasi jadi bagaimana bersikap ketika beruntung dan merugi dalam jual beli ini juga menjadi salah satu tugas pembimbing.

Kapan Waktunya?
Pada Semester Gasal Tahun Ajaran 2016/2017 ini, insyaAllah Entrepreneurship for Students SDIT Hidayatullah akan dilaksanakan pada Rabu, 31 Agustus 2016 di halaman SDIT Hidayatullah Sleman Yogyakarta. Silahkan hadir dan ramaikan.

Rep. EMTE

0 Response to "Entrepreneurship for Students SDIT Hidayatullah, Menanamkan Jiwa Wirausaha Sejak Dini"

Post a Comment