Dodolan yang Menyenangkan di Sekolahku


Oleh : Rasyida Kamilatunnikma*

Setiap semester sekolahku mengadakan kegiatan Entrepreneurship For Students, yang biasa kami sebut "dodolan". Aku merasakan kegiatan dodolan kali ini lebih menyenangkan. Banyak pengalaman yang aku dapatkan. Mulai dari baju masih bersih sampai baju sudah mulai kotor.

Di dodolan kali ini ada 24 kelompok, yang terdiri dari 12 kelompok putri dan 12 kelompok putra. Berbagai macam menu yang dijual dalam dodolan ini, ada Roti Bakar, Bakmie, Bakso, Es Campur, Jagung Bakar, Tela Tela, Siomay, Pempek, dan lain-lain.

Kelompokku berjualan Roti Bakar. Namanya Khubzun Musakhon atau Roti Bakar Istimewa. Satu porsi seharga 2.000,-. Ada yang isi selai dan isi sosis.

Saat berjualan, kami semua bekerjasama dengan baik. Tidak ada yang tidak bekerja. Ada yang mengoles, membakar, membuat tempat roti, dan melayani pembeli.

Disaat kasir kelompok kami sepi, kami bergantian membeli makanan di stand yang lain. Dan setelah selesai kami membakar semua roti tawar, kami lalu menjualnya secara berkeliling, hingga akhirnya roti itu pun habis.

Setelah selesai berjualan, kami membagi hasil jualan yang kami dapatkan. Hal pertama yang kami lakukan adalah mengganti uang yang digunakan untuk membeli bahan bahan untuk jualan. Setelah itu sisa uang yang ada menjadi laba yang kami bagi rata untuk semua anggota kelompok.

Rasanya ingin mengulang kegiatan dodolan tadi. Hehe 😅

*Penulis adalah murid SDIT Hidayatullah Sleman Yogyakarta
Editor: Ayun Afifah

0 Response to "Dodolan yang Menyenangkan di Sekolahku"

Post a Comment