» » » » Bagaimana Kabar Belajar Online Hari Ini?

Bagaimana Kabar Belajar Online Hari Ini?

Penulis By on Monday, March 23, 2020 | No comments



Apa kabar Ustadz,  ustadzah dan Ananda semua... Semoga selalu dalam semangat belajar yang membara yaa,  ditengah aktivitas yang sekarang dilakukan.  Semua via media online. 
Kerjasama yang baik perlu dibangun antara Guru dan Murid, mengingat kegiatan ini pengawasan penuh ada ditangan Orangtua. Peran Guru dalam pembelajaran online hanya terbatas pada supervisi kegiatan Anak dirumah berupa laporan,  foto, video ataupun dalam bentuk lain.  

Dalam waktu kurang lebih 1,5 pekan kedepan aktivitas ini masih akan terus berlangsung.  Tak ayal jika kemungkinan nanti akan muncul kejenuhan pada murid,  dimana dia akan merasa tidak memiliki teman dalam belajar sebagaimana yang dia temukan disekolah.  Karena teman merupakan salah satu penyemangat tersendiri bagi Murid.  


Pada kesempatan hari ini,  Kegiatan Belajar Mengajar secara online telah berlangsung secara resmi di SDIT Hidayatullah khususnya,   dan sekolah-sekolah di Indonesia umumnya.  Aktivitas yang sangat baru bagi Murid dan juga Guru.  Biasa bertatap muka,  sekarang harus bertatap lewat media.  Ada rasa yang aneh saat melakoni kegiatan ini.  Rasa tak puas, rasa bersalah karena belum maksimal mendampingi seperti di sekolah,  maupun rasa lain yang muncul saat pembelajaran ini berlangsung.  


Kegiatan ini telah disusun secara sistematis dan rapi oleh seluruh Guru dengan arahan kepala sekolah yang saling berkaitan erat.  Tugas yang diberikan pun sejalan dengan KBM sebagaimana disekolah,  bedanya ini dibimbing langsung oleh orangtua. Guru sifatnya sebagai moderator dalam pembelajaran, menerima setoran yang Murid pelajari dirumah sesuai tugas yang ada.


Ada hal yang unik saat KBM ini berlangsung  ada yang ngambek karena capek, ada yang kurang semangat hingga meminta voicenote penyemangat dari gurunya,  ada juga yang harus video call untuk memuaskan cara belajar mereka. Yang pasti,  apapun dilakukan agar Anak tetap mau belajar.

Bahkan ada yang ngambek karena tidak ada teman seperti di sekolah. Yaa hal ini sangat wajar mengingat usia mereka yang masih anak-anak dan membutuhkan banyak support dari arah manapun.  


Dibalik itu, ada juga anak yang semangat sekali belajar walaupun dengan sistem online. Bahkan ada wali yang mengatakan "ustadzah,  nanti mbak fulan akan saya pakaikan seragam biar semangat belajarnya , pesan salah satu orangtua yang disampaikan lewat aplikasi chatting whatsapp.

Ada pula yang dengan asyiknya videocall sambil berhitung,  membaca atau mencandai gurunya.  Ah lucu sekali.  

Dari segi gurunya sendiri,  pasti banyak hal yang dipelajari dari kegiatan ini,  salah satunya lebih cakap menggunakan aplikasi chatting whatsapp. Lebih peka dalam meneliti dan hati-hati dalam menilai. Walaupun kebanyakan guru juga memiliki anak,  pasti juga ada tugas 'bejibun' yang harus dikerjakan juga.  Dari sinilah kita betul-betul memahami arti penting seorang Guru.  

Lebih menghargai setiap jasanya dan mengerti keadaan satu sama lain.  Rasa empati yang amat dalam pasti akan dirasakan. Semoga Allah memudahkan segala kegiatan kita dalam KBM ini hingga 1,5 pekan kedepan. 

Baarakallahufiikum 

Admin
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya