» » » » Menebar Kebaikan Dimanapun Agar Dicintai Allah

Menebar Kebaikan Dimanapun Agar Dicintai Allah

Penulis By on Tuesday, July 16, 2019 | No comments


www.sdithidayatullah.net | Rabu (14 Dzulkaidah 1440 H/17 Juli 2019 M). Ratusan murid SDIT Hidayatullah Sleman Yogyakarta kembali melaksanakan apel motivasi dihalaman sekolah. Hari ini adalah hari terakhir "Masa Pengenalan Sekolah" atau Orientasi baik bagi murid baru maupun yang lama. Perlu diketahui Selama tiga hari ini murid-murid SDIT Hidayatullah mengikuti masa orientasi.

Selama masa orientasi sekolah ada beberapa materi yang diberikan diantaranya: Prosedur atau aturan-aturan umum baik di sekolah maupun dikelas, adab-adab yang harus dijaga baik kepada guru maupun sesama murid, juga tidak lupa murid-murid menuliskan dan menceritakan pengalaman selama liburan, juga pemetaan kelompok kemampuan baca tulis hitung anak-anak melalui Tes Potensi Akademik.

Khidmat mendengarkan tausiyah dari Ustadz Untung Purnomo
Khusus untuk murid baru adek-adek kelas satu dan murid pindahan juga diberikan pengenalan terhadap ruangan-ruangan yang ada disekolah, nama-nama Ustadz dan Ustadzah, juga berkenalan dengan kakak-kakak kelasnya. Dimulai dengan ketika hari pertama mereka murid-murid kelas satu dihari Selasa 16 Juli 2019  telah disambut dengan hangat oleh kakak-kakak kelas nya juga Ustadz-Ustadzah semua.

Pada apel Motivasi Pagi ini, diawali dengan Murajaah surat-surat pendek yang dipandu oleh Ustadz Muchtar Yahya.  Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian nasihat dan motivasi yang disampaikan oleh Ustadz Untung Purnomo.

Ustadz Untung Purnomo dalam motivasinya menyampaikan, bahwa "Hari ini adalah hari terakhir Masa Pengenalan Sekolah (Orientasi Murid Baru dan Lama)." Dalam masa orientasi ini anak-anak dikenalkan letak-letak ruangan di sekolah kita, kata Ustadz Untung. Lebih lanjut Ustadz Untung kemudian  menanyakan kepada murid-murid "Dimana ruangan Ruangan Ustadz? Dimana ruang Kamar Mandi, tempat parkir, kantin, tempat makan, tangga Putera, tangga Puteri, dan lain-lain." 

Anak-anak juga diingatkan kembali oleh Ustadz Untung apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan di ruangan-ruangan tersebut. Juga mengingatkan agar senantiasa menjaga perlengkapan-perlengkapan yang ada di sekolah kita, seperti tidak boleh mencoret coret inventaris sekolah. Beliau menambahkan mengapa kita perlu mengenal ruangan dan alat-alat sekolah kita? diantaranya yaitu agar kita berusaha untuk merawatnya.


Sebagai penutup, Ustadz Untung menyampaikan sebuah firman Allah sebagai penguat, bahwa Allah telah berfirman:

"Dan tidaklah kebaikan dibalas oleh Allah dengan kebaikan pula."

Semoga kita bisa menjadi orang-orang yang senantiasa menebar kebaikan di manapun kita berada, agar Allah mencintai kita. Allahumma Aamiin.

Wallahu a'lam bis showab.

Rep: Ayun Afifah
Foto: Ida
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya