» » » Lebih Dekat Dengan Alam; Outbound For Kids SDIT Hidayatullah

Lebih Dekat Dengan Alam; Outbound For Kids SDIT Hidayatullah

Penulis By on Wednesday, October 24, 2018 | No comments


www.sdithidayatullah.net | (Rabu, 24/10/2018) SDIT Hidayatullah Yogyakarta mengadakan kegiatan Outbound For Kids Kelas Bawah di Shaba Outbound, Karanggeneng Purwobinangun Pakem Sleman.

Kepala Sekolah Muhammad Rifki Saputra, S.Pd.I., menyampaikan bahwa kegiatan Outbound tahunan ini diselenggarakan dalam rangka memperkenalkan dunia alam terbuka sebagai bentuk pengenalan terhadap Zat Pencipta, Allah Sang Rabbul Izzati kepada murid. Selain itu juga bertujuan merefresh murid dan guru setelah beberapa bulan belajar di dalam kelas, sehingga perlu pengkondisian belajar di luar kelas/outdoor

Fokus, fokus, fokus! 
Kegiatan tahunan di SDIT Hidayatullah Yogyakarta ini dibagi menjadi dua gelombang, yakni kelas atas dan kelas bawah. Waktu pelaksanaannya berbeda, adapun lokasi outbound menyesuaikan, sesuai kebutuhan dan kondisi yang ada.

"Tahun ini kegiatan terlaksana di lokasi Shaba Outbound, selain fasilitas yang memadai, juga dikarenakan lokasi yang dekat dengan sekolah sehingga transportasi orangtua/wali murid dalam antar dan jemput menjadi mudah." Pungkas Ustadz Sunarno, S.Si., selaku Ketua Panitia disela kesibukannya mengecek perlengkapan Outbound.

Keberangkatan murid ke lokasi outbound diantar langsung oleh orangtua masing-masing. Kegiatan ini berlangsung pukul 07.30 hingga 13.30 siang. Sekitar kurang lebih 300 an murid kelas 1, 2 dan 3 yang mengikuti kegiatan ini, ditambah 26 personel guru yang mendampingi.
Susur sungai

Adik Muhana menyeberangi jembatan kayu dengan berani

Kegiatan Outbound ini memiliki beberapa tujuan diantaranya untuk menumbuhkan kemandirian, kerjasama yang baik dan keberanian anak dalam mengikuti berbagai tantangan yang seru, dan menyenangkan, contohnya seperti permainan memanjat tali/jaring laba-laba.

“Permainan ini bertujuan untuk memotivasi murid dalam hal keberanian, kerjasama, kepemimpinan dan kebersamaan”. Terang Ustadz Romi Padli, S.E.I, M.E., selaku Kabag Kemuridan.

Ada banyak permainan yang menarik bisa dilakukan misalnya lompat militer, menyusuri sungai, melewati jembatan air, dan masih banyak lagi permainan lainnya. Kegiatan ini juga dianggap efektif membangun karakter anak. Oleh karena itu, kegiatan Outbound menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi kejenuhan anak dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan di ruang kelas.

Spiderman pun kalah ya!

Mengisi air ke wadah membutuhkan kesabaran dan kerjasama yang baik

Melatih kemandirian anak dengan Outbound mampu menstimulasi anak menjadi generasi yang mandiri, tangguh, pemberani. Sebab, kegiatan Outbound bukan hanya sekedar bermain saja. Namun terdapat beberapa manfaat yang didapat anak yaitu untuk melatih kemandirian, melatih kemampuan sosial, melatih motorik anak, melatih keberanian, dan meningkatkan kecerdasan pada anak.

Dengan diadakan kegiatan ini anak-anak menjadi mandiri, lebih peduli dengan lingkungan, dan lebih kompak dalam hal kebersamaan seperti yang dikatakan oleh salah satu orang tua siswa yang datang ke lokasi Outbound.
Antrian rapi menanti giliran, duh, sudah tak sabar untuk mencoba.
“Sangat bagus dengan diadakan kegiatan ini, sehingga anak-anak bisa menjadi mandiri, berani dan lebih terampil lagi”. Tukas Charistin Aulin, salah seorang Wali Murid SDIT Hidayatullah.
Shalat berjamaah zuhur, setelah bersih-bersih diri dan makan siang
Selepas melaksanakan shalat dhuhur secara berjamaah, trainer outbound dari Shaba menyampaikan pemaknaan sekaligus kesan dan pesan, "Saya bangga kepada kalian semua karena telah berani mencoba. Karena sesuatu yang tidak pernah dicoba maka tidak akan pernah bisa."  Pesan Kakak trainer di hadapan ratusan murid SDIT Hidayatullah Yogyakarta. 

"Saya atas nama Shaba Outbound juga menyampaikan terimakasih kepada SDIT Hidayatullah Yogyakarta yang telah mempercayakan kepada kami mengelola outbound tahun ini, semoga di tahun-tahun mendatang terus bisa bekerjasama." Lanjut Beliau di sesi akhir kegiatan ini.

Sesi Pemaknaan oleh Tim Trainer Shaba Outbound
Foto-foto selengkapnya bisa lihat di laman facebook kami:  SDIT Hidayatullah Yogyakarta






Baca Juga Artikel Terkait Lainnya