» » » Qurban di SDIT Hidayatullah

Qurban di SDIT Hidayatullah

Penulis By on Friday, August 24, 2018 | No comments


www.sdithidayatullah.net | (Jum'at/24/08/2018) Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, Allaahu Akbar wa lillaahil hamd. Selalu ada hikmah di setiap perintah yang Allah Subhanahu Wata’ala serukan kepada kita umatnya, meskipun jika dipandang berat menjalaninya. Hakekatnya berqurban adalah wajib bagi yang mampu. Ini berdasarkan hadits Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassallam:

“Dari Abi Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda : Siapa yang memperoleh kelapangan untuk berkurban, dan dia tidak mau berkurban, maka janganlah hadir dilapangan kami (untuk shalat Ied).” [HR Ahmad, Daru qutni, Baihaqi dan al Hakim]

Sungguh ibadah qurban adalah salah satu pintu terbaik dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT sebagaimana halnya ibadah shalat. Ia juga menjadi media taqwa seorang hamba. Sebagaimana firman Allah surat Al-Maidah ayat 27, “Sesungguhnya Allah hanya menerima (qurban) dari orang-orang yang bertaqwa”.
Berqurban juga menjadi bukti ketaqwaan seorang hamba.
Allah Subhanahu wata’ala telah berfirman:

لَن يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَاؤُهَا وَلَكِن يَنَالُهُ التَّقْوَى مِنكُمْ كَذَلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَبَشِّرِ الْمُحْسِنِينَ

“Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya.” (QS:Al Hajj:37)



Penjelasan di atas hanyalah sebagian dari keutamaan berqurban yang sungguh sangat luas. Oleh karena keutamaannya yang banyak, pada hari raya idul adha dapat kita saksikan umat Islam berlomba-lomba dalam kebaikan dan meraih pahala dan berkah yang ditunaikan lewat berqurban. Demikian halnya yang dilakukan SDIT  SDIT Hidayatullah Yogyakarta bersama Baitul Maal Hidayatullah (BMH) yang juga melaksanakan Qurban di sekolah pada hari ini, yakni jum'at 24 Agustus 2018 bertepatan dengan tanggal 12 Dzul Hijjah atau hari kedua tasyrik. 
"Melalui momentum hari raya qurban ini khususnya kegiatan 'Qurban di Sekolah', diharapkan anak didik dapat belajar tentang ketaatan, beribadah yakni berqurban dengan ikhlas semata-mata mengharapkan keridhaan Allah Ta'ala, menumbuhkan kepedulian sosial yang tinggi kepada sesama, dan mengajak mereka untuk sama-sama merasakan proses berqurban itu sendiri, mulai dari memegang hewan qurban yang akan disembelih, merajang, memotong daging, hingga membagikannya kepada yang membutuhkan." Pungkas Kepala Sekolah SDIT Hidayatullah Yogyakarta, Ustadz Muhammad Rifki Saputra, Rabu (24/8).

Seperti halnya kegiatan Qurban di Sekolah pada tahun-tahun lalu, kali ini pun yang ikut melaksanakan qurban adalah murid-murid kelas 4 hingga 6. Mereka hadir di sekolah jam 07.00, langsung berbaris di halaman sekolah dan mengikuti pengarahan yang disampaikan oleh Ustadz Romi Padli selaku Kabag Kemuridan SDIT Hidayatullah. Semua murid terlihat antusias dan aktif membantu selama proses qurban berlangsung. Setelah daging qurban dibagikan, segenap guru dan murid segera menyantap makan siang yang diolah sejak pagi. Alhamdulillah..
Tidak lupa sekolah menyampaikan terima kasih sebesarnya kepada para shahibul qurban yang telah mempercayakan hewan qurbannya untuk disembelih dan dibagikan oleh pihak sekolah. Semoga menerima amal ibadah kita semua dan membalasnya dengan pahala yang berlipat ganda. Aamiin.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya