» » Pelatihan Singkat "Teknik Menulis, Jurnalistik, Desain dan Fotografi"

Pelatihan Singkat "Teknik Menulis, Jurnalistik, Desain dan Fotografi"

Penulis By on Friday, January 12, 2018 | No comments


www.sdithidayatullah.net| Selasa-Kamis (2-4 Januari 2018)  diadakan pelatihan singkat bagi para guru di SDIT Hidayatullah.

Pelatihan singkat ini dilaksanakan pada waktu setelah MOS (Masa Orientasi Siswa) diadakan, yakni pukul 13.00-14.00. Bertempat di ruang Al-Qur'an acara ini dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan wawasan tentang dunia jurnalistik dan teknik fotografi.

Hari pertama, materi tentang manajemen media dan teknik jurnalistik yang diisi oleh ustadz Mahmud Thorif, salah satu pegawai SDIT Hidayatullah.

Beliau menyampaikan ada beberapa aspek penting dalam pembuatan suatu majalah, diantaranya: penanggung jawab, tema, tersedianya artikel, deadline, desain, distribusi (ke pelanggan), dan keuangan.

"Dan yang paling penting adalah bagian keuangan, karna ini yang menentukan jalan atau tidaknya program". Kata beliau dengan sedikit tersenyum.

Bagian keuangan memang memegang peranan penting, sehingga harus benar-benar dipikirkan dengan matang.

Beliau juga berpesan kalau ingin bisa lancar menulis ya harus banyak membaca, mencoba menulis di media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter atau pun blog pribadi.

"Coba juga mengirim ke media massa". Saran beliau.

Hari kedua, seharusnya di isi oleh ibu Riyanti,  tentang teknik menulis menggugah dan menyentuh hati. Namun sayang beliau belum bisa hadir.

Hari ketiga, materi tentang teknik desain dan fotografi. Diisi oleh bapak Budi Yuwono M,Sn. Banyak ilmu baru yang beliau sampaikan, hingga tak terasa sudah dua jam berlalu.

Beliau menyampaikan dasar-dasar layout majalah, elemen teks dan elemen visul.

"Dalam fotografi ada dua, yaitu lanscape dan portrait. Kalau ingin mengambil gambar demo maka lebih tepat menggunakan portrait, kalau bencana atau kemiskinan maka lanscape lebih pas". Kata beliau menjelaskan tentang teknik fotografi

Laporan dan Foto @yuliasfita
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya