Lebih Dekat dengan Alam


www.sdithidayatullah.net | Jumat (11/08/2017). Belajar sains mengenalkan bagian-bagian tubuh tumbuhan tidak melulu ada di ruang kelas. Mengajak langsung murid-murid melakukan pengamatan tumbuhan pada lingkungan sekitar memberikan pengalaman tersendiri yang menyenangkan. Mereka akan lebih mengingat dengan kuat benda-benda yang ditunjukkan secara nyata, dibandingkan hal-hal yang abstrak.


Baca : Serunya Belajar SAINS Kelas 2B SDIT Hidayatullah Yogyakarta
 
Mujahidah Kelas 2B SDIT Hidayatullah kali ini melakukan tadabur alam mencari contoh tanaman, menggambar bagian-bagian tubuh tumbuhan dan memberikan nama bagian tubuh tumbuhan itu.

Masing-masing kelompok mendapatkan obyek tanaman yang akan mereka amati. Dua kelompok diantaranya mendapatkan kesempatan mengamati tumbuhan padi yang sedang dipanen oleh petani. Nikmat luar biasa, ketika sekolah berdampingan dengan alam, anak-anak mendapatkan pembelajaran dan pengalaman yang luar biasa. Interaksi dengan petani pun terjadi, yang memberikan pengalaman kepada murid-murid mengucapkan kata-kata santun berupa ucapan terima kasih dan matur nuwun karena Bapak Tani yang telah berbaik hati meminjamkan padi nya untuk di observasi. "Matur nuwuun nggih Pak", ucap anak-anak dengan semangatnya ketika mengembalikan tanaman padi kepada Pak Tani setelah selesai diobservasi.

Terus Semangaat yaa Naak, belajar dan terus belajar, mentadaburi alam, mengagungkan Allah Sang Maha Pencipta.


Laporan dan Foto : Ayun Afifah, S.Pd., Guru Kelas 2B SDIT Hidayatullah

0 Response to "Lebih Dekat dengan Alam"

Post a Comment