SDIT Hidayatullah Juara Umum MTQ SD Tahun 2016


www.sdithidayatullah.net | Kamis, (8/9/2016) atau bertepatan dengan 7 Dzulhijjah 1437 Hijriyah dilaksanakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Sekolah Dasar se Kecamatan Ngaglik. Kali ini SDIT Hidayatullah, yang beralamat di Jl Palagan KM 14,5 Balong Ngaglik Sleman berkesempatan menjadi tuan rumah event tahunan tersebut.


Tema yang diangkat kali ini adalah "Dengan Musabaqah Quran Kita Wujudkan Generasi Muda Yang Unggul, Cerdas dan Berakhlakul Karimah."Kegiatan ini diikuti oleh 358 khafilah dari 35 Sekolah Dasar se Kecamatan Ngaglik Sleman, dengan 6 jenis bidang lomba.

8 Jenis lomba Cabang Musabaqah yang dilombakan tersebut di antaranya:

  1. Musabaqah Tilawatil Quran Pa/Pi
  2. Musabaqah Puitisasi Saritilawah al Quran Pa/Pi
  3. Musabaqah Tartil al Quran Pa/Pi
  4. Musabaqah Hifdzil Quran Pa/Pi
  5. Musabaqah Melukis Islami Pa/Pi
  6. Pidato Keagamaan Pa/Pi
  7. Musabaqah Cerdas Cermat Agama Pa/Pi
  8. Musabaqah Adzan
Yang dinilai oleh Dewan Juri sebanyak 48 guru dari para Guru PAI (KKG PAI) Kecamatan Ngaglik.

Dalam sambutannya Bapak Subhan Birori, S.Ag selaku Ketua Panitia menyampaikan,  "Pada dasarnya kegiatan MTQ Sekolah Dasar adalah sarana silaturahmi ukhuwah islamiyah dalam menumbuhkan semangat motivasi siswa pada kemampuan membaca, mempelajari, dan mengamalkan isi kandungan al Quran dengan baik dan benar." Beliau juga mengutip sebuah ayat al-Quran tentang pentingnya membaca (iqra') yaitu surat al-Alaq yang berarti bacalah! Dilanjutkan Bismirabbikaladzi khalaq yang artinya Dengan menyebut nama Tuhanmu yang telah menciptakanmu. 


Selanjutnya Bapak Camat Ngaglik, Bapak H. Anggoro Aji Sunaryono, SH berkenan membuka acara tersebut. Beliau mengapresiasi kegiatan semacam ini, disaat banyak maraknya tentang eksploitasi kepada anak-anak,

Selama kegiatan tersebut masing-masing kontingen peserta dari 35 khafilah berusaha memberikan penampilan terbaiknya. Atas karunia Allah dan kerjasama dari berbagai pihak baik panitia maupun guru-guru pendamping, kegiatan MTQ yang dilaksanakan dari pagi hingga menjelang duhur ini berjalan dengan lancar.

Bada Dhuhur panitia menyampaikan pengumuman para pemenang dari masing jenis lomba. Dan SDIT Hidayatullah Sleman menjadi Juara Umum dari dari kegiatan MTQ Sekolah Dasar se Kecamatan Ngaglik Tahun 2016. Pekikan takbir pun menggema dari murid-murid dan guru yang hadir dalam acara tersebut.

Dari perserta lomba menyampaikan kesan yang dirasakan, seperti kakak beradik Hudzaifah dan Hamzah dari SDIT Hidayatullah yang mengikuti Cabang Lomba Pidato dan Tartil Quran. "Walau sedikit deg-degan, alhamdulillah dapat berjalan dengan baik." Hamzah, murid kelas 4 yang meraih Juara 2 Tartil Quran berharap "Semoga tahun depan aku bisa menjadi juara 1 dalam tartil Quran".

Dari guru pendamping juga menyampikan kesannya, seperti disampaikan Ustadzah Dian Pratiwi dan Evi Wahyuningsih guru SDIT Hidayatullah, yang dalam kesempatan ini mendampingi dan melatih peserta cabang lomba Hifdzil Quran menyampaikan, "Saya senang dan bangga dengan prestasi anak-anak kami. Semoga mereka menjadi juara dalam bidang al-Quran di dunia dan akhirat. Aamin"

Bapak Subhan Birori, S.Ag selaku Kepala Sekolah SDIT Hidayatullah merasa bersyukur atas keberhasilan SDIT Hidayatullah menjadi Juara Umum dalam kegiatan MTQ tersebut, "Alhamdulillah ini adalah kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas dari semuanya semoga Allah meridhai. Aamiin"


Rep. Ayun Afifah/sdithidayatullah.net
Foto doc sekolah

0 Response to "SDIT Hidayatullah Juara Umum MTQ SD Tahun 2016"

Post a Comment