Mendampingi Anak Saat Belajar Menghadapi Ujian Nasional


Oleh: Tanti Kusrini DS*

Selama 4 hari (4 - 7 April 2016), murid-murid kelas 6 SD di SDIT Hidayatullah Sleman Yogyakarta kembali mengikuti Try Out, sebagai rangkaian persiapan Ujian Nasional yang akan dihadapi di bulan Mei 2016.

Selasa (5/4) adalah giliran matematika, yang menjadi mata pelajaran untuk diujikan. Senin malam, Ahmad (bukan nama sebenarnya) salah seorang murid SDIT Hidayatullah Sleman, belajar matematika, sebagai persiapan try out di keesokan harinya.

Namun, ada yang berbeda saat belajar malam itu. Sang anak bertanya kepada ibundanya:"Bunda bukankah kemarin saat ada pertemuan wali murid di sekolah, bunda mendapatkan materi "Matematika Hebat" untuk mengerjakan soal-soal matematika ini?" tanya sang anak kepada bundanya.

"Iya nak benar, ayo sini bunda ajarkan, apa yang bunda dapatkan saat pertemuan di sekolah kemarin." Jawab sang Bunda dengan antuasias.

Tak lama kemudian, dengan rasa percaya diri sang bunda menyampaikan materi yang didapatkannya saat pertemuan komite sekolah.

Dengan gaya seorang pengajar privat profesional, sang bunda menjelaskan dan memberi beberapa contoh soal dan cara mengerjakannya.

Hasilnya sukses....beberapa soal dapat diselesaikan dengan baik.

Namun, kemudian sang anak memberikan jenis soal yang agak berbeda, dimana soal tersebut belum dibahas saat training "Matematika Hebat". Sang bunda pun agak kesulitan menemukan cara praktis untuk menyelesaikannya.

Melihat hal tersebut, sang anak tidak merasa kecewa, namun dia mengatakan sesuatu hal yang membuat sang bunda menjadi terharu, "Bunda sudah ikut belajar "Matematika Hebat", itu berarti bunda adalah bunda yang hebat..." Ucap sang anak sambil memeluk sang bunda.

Maa Syaa Allah..bundapun tersenyum malu, dan membalas pelukan anaknya dengan hangat.

Para bunda...ternyata dalam mendampingi anak-anak belajar, para bunda sebaiknya menjadikan anak kita sebagai kawan, ibarat kawan kita dalam sebuah kelompok belajar.

Berilah pujian yang tulus, jika sang anak mampu menyelesaikan soal dengan baik ataupun belum berhasil namun dia sudah berusaha belajar dengan sungguh-sungguh.

Jadikan suasana belajar, menjadi suasana yang menyenangkan. Maka hasilnya Ujian Nasional (UN) pun bukanlah lagi menjadi hal yang menakutkan bagi anak-anak kita.

Salam Semangat😃...
untuk para bunda yang terus mendampingi putera-puterinya saat belajar.
Semoga sukses.....

Penulis : Tanti Kusrini DS, Orangtua/Wali Murid Kelas 6 SDIT Hidayatullah Sleman Yogyakarta.
Editor: Ayun Afifah

0 Response to "Mendampingi Anak Saat Belajar Menghadapi Ujian Nasional"

Post a Comment