Kunjungan Belajar SDIT Hidayatullah Sleman Yogyakarta


www.sdithidayatullah.net | Usai mengikuti Ujian Tahfidz Syahadah selama 3 hari (14-17/3), pada hari Jumat (18/3), sebanyak 59 murid kelas 6 SDIT Hidayatullah dan beberapa guru pendamping melakukan "Kunjungan Belajar". Dalam Kunjungan belajar ini mengambil 2 lokasi sebagai tujuan utama kunjungan, yaitu Grhatama Pustaka yang merupakan perpustakaan termegah di Asia Tenggara dan kampus AMIKOM Yogyakarta.

Menurut Wali Kelas 6A, Novi Afriadi, S.Hi Kunjungan Belajar ini selain dalam rangka rihlah (refreshing) setelah serangkaian try out dan ujian tahfidz yang diikuti murid kelas 6, adalah juga memberikan wawasan dan keilmuan dengan sumber dari luar sekolah. "Diharapkan anak-anak menjadi pembelajar yang visioner" Begitu Novi menegaskan.

Sedangkan Ani Astuti, selaku Wali Kelas 6B menambahkan, kegiatan ini bertujuan menguatkan visi anak-anak agar semangat menuntut ilmu setinggi-tingginya. "Harapannya selepas kunjungan ini, anak-anak lebih bersungguh-sungguh dalam belajar, dan dapat mengambil sisi positif dari 2 tempat yang dikunjungi." imbuh Ani Astuti.

Grhatama Pustaka
Perpustakaan yang diresmikan pada tanggal 21 Desember 2015 berlokasi di Jl. Janti Banguntapan Bantul. Perpustakaan yang megah ini mempunyai banyak koleksi juga terdapat beberapa ruangan yang mempunyai beraneka macam fasilitas bagi para pengunjungnya.

Ruang Multi Media
Diruangan ini terdapat layar yang sangat besar seperti jika kita menonton bioskop. Disini kami diputarkan film tentang profil Grhatama Pustaka. Dalam film yang dikemas secara apik dan menyenangkan kami mendapat penjelasan tentang ruang apa saja dan koleksi apa saja yang tersedia di Grhatama Pustaka.

Ruang Koleksi Langka
Sebelum memasuki ruangan ini, kami dijelaskan tata cara berada di ruangan tersebut. Sebelumnya sandal/sepatu yang kami bawa harus dimasukkan ke dalam kantong yang sudah disediakan, kemudian kami bawa masuk. Di dalam ruangan kami tidak diperkenankan makan, "disini bukanlan warung makan, jadi kita tidak boleh makan dalam ruangan ini ya." pemandu perpustakaan menjelaskan. Dalam koleksi langka ini terdapat koleksi buku-buku yang sudah berusia ratusan tahun. Sangat cocok bagi para pecinta sejarah.

Koleksi Digital
Di ruangan ini para pembaca dimanjakan oleh puluhan ribu koleksi e-book. Tempat yang nyaman ditambah fasilitas wifi yang super cepat akan membuat pengunjung betah berlama-lama.

Ruang Majalah dan Koran
Diruangan ini tersimpan koleksi majalah dan koran yang cukup banyak. Semuanya koleksi masih relatif baru. Dan untuk koleksi majalah dan koran yang lama terdapat di Perpustakaan Majalah dan Surat Kabar yang berada di Jl. Malioboro No. 175 Yogyakarta.

Kampus AMIKOM Yogyakarta
Lokasi selanjutnya yang menjadi tempat tujuan Kunjungan Belajar yaitu Kampus AMIKOM Yogyakarta yang beralamat di Jl. Ring Road Utara Condong Catur Yogyakarta. Dipilihnya kampus AMIKOM sebagai tujuan selanjutnya karena dari kampus ini banyak tercipta karya-karya kreatif dari anak bangsa yang sudah diakui di skala nasional dan internasional. Kampus ini juga mempunya Badan Usaha yang cukup exis dan memberikan manfaat bagi masyarakat di Yogyakarta yaitu Radio MQ FM dan RB TV di mana ke dua Studionya berada di lantai 2 kampus AMIKOM.

Menurut Satya Abdul Halim Bahtiar Staf Humas dari AMIKOM, kampus ini mempunyai sejarah perjuangan yang cukup panjang hingga menjadi besar seperti sekarang ini. Pendirinya Prof. Suyanto merintis dari sebuah ruangan kecil, hingga dijuluki AMIKOM (Akademi Mini Kompo) dan Akademi Minyak dan Kompor. Namun dengan julukan itu tidak kemudian menyurutkan semangat Pak Yanto, panggilan akrab beliau, untuk terus berjuang. Hingga akhirnya kini AMIKOM mempunyai bangunan kampus yang cukup megah, dari 32 mahasiswa awalnya hingga kini mahasiswanya berjumlah sekitar 10.000 orang. Sebuah capaian prestasi yang luar biasa dan membanggakan bagi anak bangsa.

Dari Kampus AMIKOM ini banyak terlahir anak-anak muda kreatif dan berprestasi yang telah menciptakan banyak karya. Hasil karya anak bangsa ini diantaranya, software, film-film kartun dan game. Film "Batle of Surabaya" yang dirilis bulan Agustus 2015 adalah juga besutan karya para mahasiswanya. Film ini telah berhasil mengumandangkan pekikan takbir Bung Tomo di Amerika. Sebuah cara yang cerdas dan cantik dalam berdakwah.

Di Studio RB TV
Studio RB TV berada di lantai 2 kampus AMIKOM. Pada kunjungan ke studio ini, kami jelaskan ruangan-ruangan apa saja yang ada di studio RB TV dan peralatan apa saja yang ada disana. Dengan ramah Tim Humas AMIKOM menjelaskan bagaimana caranya menyiarkan sebuah acara baik yang disiarkan secara langsung (live) atau yang melalui rekaman.

Radio MQ FM
Radio yang berdedikasi untuk dakwah dan ummat ini adalah salah satu badan usaha milik AMIKOM Yogyakarta. Stasiun yang berpusat di Bandung ini mengudara pada frekuensi 93,2 FM. Dalam kunjungan ke MQ FM ini kami disambut oleh 2 orang penyiar. Disini para murid dijelaskan tentang bagaimana caranya siaran dan apa saja syarat menjadi seorang penyiar. Ternyata syarat utamanya adalah "mau belajar". Karena menjadi penyiar kita banyak "memberi" kepada pemirsa, sehingga menjadi penyiar harus mau banyak belajar. Kemampuan penguasaan bahasa asing seperti Inggris dan Arab juga lebih disukai, karena di MQ FM terkadang menghadirkan tamu-tamu dari luar negeri. Seperti contohnya para hafidz anak-anak Palestina.

Perpustakaan AMIKOM
Perpustakaan kampus AMIKOM mempunyai banyak koleksi buku. Kami dijelaskan bagaimana teknis peminjaman, dan jika yang terlambat mengembalikan buku akan dikenakan denda RP. 100,-/ hari. Selanjutnya siapa saja yang boleh meminjam buku disini, "Yang boleh meminjam buku adalah mahasiswa AMIKOM saja, sedang pengunjung dari luar kampus boleh membaca, dan memfotokopi." Pustakawan Kampus AMIKOM menjelaskan.

Shalahudin, salah satu murid kelas 6A merasa senang dan mendapatkan banyak manfaat dari kunjungan belajar ini, "Kunjungan kali ini sangat berkesan karena kita berkunjung ke perpustakaan termegah se Asia Tenggara.Banyak hal yang dapat kita pelajari, dari buku sejarah/langka sampai komputer canggih." Shalahudin mengungkapkan kesannya.

Sedangkan Rofie Pratama, murid kelas 6A juga mengaku merasa senang berkunjung ke kampus AMIKOM. "Saya sangat senang karena berkesempatan untuk mengunjungi langsung stasiun RB TV dan Radio MQ FM. Didalam stasiun radio MQ FM ruangannya sangat dingin, untuk menjaga keawetan barang didalamnya." Ungkap Rofie dengan antusiasnya.

Diakhir kunjungan Ani Astuti menutup dengan sebuah harapan kepada putera-puteri bangsa ini, "Semoga Allah menjaga keistiqomahan mereka untuk berpegang teguh pada syari'at".

> Reporter : Ayun Afifah, Guru SDIT Hidayatullah Yogyakarta
> Admin @emthorif
> Informasi Murid Baru KLIK DISNI

0 Response to "Kunjungan Belajar SDIT Hidayatullah Sleman Yogyakarta"

Post a Comment