Belajar Membaca Alam Dan Membudayakan Membaca


biotifor.or.id - Membaca sebagai suatu ajaran agama dapat memberikan manfaat dan keutamaan bagi seseorang di dalam kehidupannya. Dengan membaca akan memberikan pengetahuan yang sebelumnya tidak diketahuinya dan seseorang akan bertambah pengetahuannya. Objek atau sasaran dari kegiatan membaca ini dapat berupa teks tertulis seperti ayat-ayat al-Qur’an dan teks-teks tertulis lainnya maupun teks tidak tertulis yang berupa alam sekitar atau disebut ayat-ayat kauniyah yang merupakan sumber ilmu pengetahuan. Hal ini seperti yang terkandung dalam al Qur’an pada surat al `Alaq.

Selain itu, di dalam ajaran Islam ilmu pengetahuan merupakan salah satu keutamaan di mana seseorang yang mempunyai ilmu pengetahuan akan mempunyai derajat yang tinggi, seperti yang tercantum dalam surat al-Mujadalah ayat 11.
Dalam rangka menanamkan budaya baca kepada para siswanya, Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Hidayatullah pada hari Senin (01/02) melakukan Kunjungan Belajar di Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH). Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 1 sebanyak 89 orang dan didampingi oleh 4 guru pendamping. Siswa peserta kunjungan terlebih dahulu melaksanakan sholat Dhuha di Masjid Nurul Islam BBPBPTH sebelum melakukan aktivitas. Rombongan diterima oleh Ir. Dyah Nurhandayani, M.Sc., Kepala Seksi Data Informasi dan Diseminasi BBPBPTH.
Setelah itu, anak-anak dibagi ke dalam dua kelompok. Kelompok putra sejumlah 40 siswa menuju arboretum dan persemaian yang dipandu oleh Mahendra, B.Sc. Sedangkan kelompok putri sebanyak 49 siswi, menuju perpustakaan. Di arboretum dan persemauan, anak-anak belajar “membaca alam” yaitu dikenalkan dengan beberapa jenis pohon dan beberapa fungsinya. Aktivitas outdoor ini sangat menarik, terutama bagi anak-anak putra yang mempunyai energi berlebih. Mereka sangat antusias mencatat nama-nama pohon yang ada di arboretum dan persemaian. Selain itu anak-anak juga bersemangat menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh pemandu. Sedangkan kelompok putri berbaris dengan tertib menuju ruang perpustakaan. Di sini siswa mendapat tugas untuk memilih satu buku dan menuliskan judul buku yang dibaca pada buku tugas. Selanjutnya siswa ditugaskan untuk menulis beberapa baris kalimat dari apa yang sudah dibaca.
Kemudian setelah dirasa cukup kedua kelompok tersebut bertukar tempat. Kegiatan selanjutnya istirahat/makan siang dan kegiatan diakhiri dengan sholat Dhuhur berjamaah. Adanya kegiatan tersebut diharapkan siswa menjadi lebih mencintai lingkungan sekitar dan memiliki minat baca yang lebih baik.
SDIT Hidayatullah sendiri berkedudukan di Jl. Palagan Tentara Pelajar Km 14,5 Balong, Donoharjo, Ngaglik, Sleman yang berdiri pada tahun 1998, dan telah mendapat akreditasi A pada tahun 2006. Sekolah ini bernaung di bawah Yayasan As Sakinah Yogyakarta.
Kunjungan Belajar tersebut mempunyai dua sasaran utama yaitu menjadikan obyek kunjungan sebagai sumber belajar sekaligus menanamkan visi dan orientasi belajar. SDIT Hidayatullah mempunyai visi yaitu Mewujudkan SDIT Hidayatullah sebagai lembaga pendidikan yang bermutu tinggi dan unggul, sehingga mampu melahirkan manusia yang siap memikul amanah Allah sebagai hamba dan khalifah-Nya.
Sedangkan Misi Kependidikan yaitu menyelenggarakan pendidikan secara integral dalam aspek ruhiyah, aqliyah dan jismiyah, sehingga dapat menghantarkan generasi Islam yang memiliki karakteristik, yaitu bertaqwa,cendekia dan prima fisik. (mna)

0 Response to "Belajar Membaca Alam Dan Membudayakan Membaca"

Post a Comment