Sehari di Sekolah


-->
Sehari di SDIT Hidayatullah

Apa dan bagaimana sih yang dilakukan sehari di SDIT Hidayatullah? yuk kita tenggok...!

Pukul 06.
45 wib
Ibu-Bapak Guru sudah menyambut kedatangan para murid yang diantar orang tua/walinya. Saling berjabat tangan dengan senyum, salam dari murid dan sapaan personal dari guru. Murid ditanya shalatnya, kesehatannya, diperiksa kukunya, pakaian seragamnya secara sekilas.

Pukul 07.15 wib
Bel berbunyi setelah lima menit sebelumnya ada peringatan bahwa apel akan dimulai. Murid dan Guru melakukan apel morning motivation, Murid yang terlambat ditangani oleh guru piket. Orang tua sesogyanya menyerahkan langsung kepada guru piket sambil menerangkan alasan keterlambatannya. Murid menjelaskan alasan keterlambatan, meminta maaf, berjanji tidak mengulangi lagi. Memberi solusi agar besok tidak terlambat lagi.
Pukul 07.30 wib
Dengan penuh semangat murid menuju kelas. Guru sudah siap di dalam kelas. Aktifitas pertama adalah membaca atau menghafal Al Qur’an 10 menit.. Selanjutnya murid belajar bersama guru.
Pukul 08.30 wib
Istirahat Pertama. Guru kelas bawah menghantar anak menuju tempat wudlu. Murid kelas bawah tertib antri, dibimbing wudlu, tertib di masjid, ditemani guru shalat dluha. Baru bermain. Kelas atas menggunakan kesempatan ke perpustakaan.
Pukul 09.00 wib
Anak kembali belajar bersama guru. Bisa di kelas atau di luar kelas. Kelas bawah bersama guru kelas, kelas atas bersama guru mata pelajaran.
Pukul 10.00 wib
Istirahat Kedua. Anak makan snack. Snack pesan di sekolah atau membawa dari rumah. Di sekolah tidak ada jajan. Kelas atas diantar ke masjid untuk sholat dhuha baru kemudian bermain. Kelas bawah memanfaatkan waktu ke perpustakaan sebelum mereka bermain. Bapak dan Ibu Guru selalu mengajak melakukannya.
Pukul 10.30 wib
Anak kembali belajar klasikal di kelas atau luar kelas. Dengan metode contextual learning dan pendekatan yang disesuiakan kondisi anak. Anak melakukan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi dengan skenario yang telah disiapkan oleh Guru.
Pukul 11.30 wib
Bel yang paling ditunggu anak; waktunya makan siang. Anak makan bersama guru yang mengajar saat itu di kelas masing-masing. Adab makan dan dialog ringan yang diarahkan oleh guru. Makan siang anak dengan membawa dari rumah atau pesan di catering sekolah.
Pukul 11.45 wib
Anak-anak selesai makan dan guru mengarahkan anak menuju tempat wudlu untuk persiapan shalat dhuhur berPukula’ah. Murid putra kelas atas shalat di masjid. Kelas bawah dan murid putri sholat di kelas bersama guru kelas.
Selama di masjid anak dibimbing mengamalkan adab di masjid; mulai tertib wudlu, masuk masjid mendahulukan kaki kanan, sholat tahiyatul masjid, tadarus atau mengulang hafalan al Qur an sambil menunggu adzan, sholat qobliyah dzuhur setelah adzan. Selanjutnya muroja’ah, sholat dzuhur dengan tertib, wirid ba’da sholat dan sholat ba’diyah dzuhur.
Pukul 12.30 wib
Halaqoh Ta’lim. Anak-anak tidak keluar dari masjid atau kelas tetapi selama 30 menit sepuluh anak berkelompok dibawah bimbingan seorang guru, berdialog berdasarkan materi ta’lim sesuai kurikulum.
Pukul 13.00 wib
Anak-anak refreshing disiang bolong, bebas dengan pengawasan guru. Tetapi sebagian anak dibimbing guru untuk mendalami materi, mengejar ketertinggalan, atau pengayaan bagi anak yang memerlukan tambahan waktu belajar.
Pukul 13.30 wib
Anak kembali belajar, dengan materi pelajaran yang tidak memerlukan konsentrasi tinggi, guru sering mengajak anak belajar di luar kelas, agar pembelajaran dapat berlangsung efektif.
Pukul 14.30 wib
Saatnya orang tua atau wali siswa menjemput pulang. Guru menutupnya dengan berdoa dan memotivasi untuk bertemu dan belajar kembali di esok hari. Kecuali bagi anak yang hari itu ada kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler berlangsung Pukul 14.45 hingga Pukul 16.30 dengan diselingi sholat ashar selama 15 menit.

0 Response to "Sehari di Sekolah"

Post a Comment