» » » » Orientasi Pembelajaran Al Quran

Orientasi Pembelajaran Al Quran

Penulis By on Thursday, July 18, 2019 | No comments


www.sdithidayatullah.net | Kamis (15 Dzulkaidah 1440 H/ 18 Juli 2019). Tim Al Quran  SDIT Hidayatullah Sleman mengadakan kegiatan masa orientasi pembelajaran Al Quran.  Kegiatan ini bertujuan untuk memahamkan kepada anak-anak pentingnya belajar Al Quran dan menanamkan adab-adab dalam belajar Al Quran. Murid dari kelas 1 sampai kelas 6 mengikuti kegiatan ini dengan semangat, adapun waktu kegiatan dimulai pada pukul 07.30 wib dan dibagi menjadi tiga sesi sesuai dengan jadwal pelajaran dimasing-masing kelas.  

Ustadz Muhammad Haris, S.P. sebagai pemateri menyampaikan keutamaan belajar Quran dengan mengutip hadits dari Utsman bin ‘Affan ra, dari Nabi SAW beliau bersabda : 

“ Sebaik-baik dari kalian adalah orang yang belajar Al Quran dan mengajarkannya” (HR. Al-Bukhari). 


Selanjutnya beliau menyampaikan pentingnya adab dalam belajar Al Quran dan mengajak semua murid untuk membaca dengan menggunakan gerakan dan mengamalkannya. Berikut adalah adab-adab belajar Quran yang disampaikan oleh Ustadz Haris :

1. Ikhlas karena Allah.
2. Datang tepat waktu.
3. Duduknya yang rapi.
4. Perlengkapan lengkap.
5. Berdoa yang khusyuk.
6. Kalau ustadz-ustadzah berbicara didengarkan.
7. Belajar yang tertib.
8. Hafalkan dan amalkan ilmumu.

Menyimak penyampaian Ustadz dengan serius
Semua murid mendengarkan dan menyimak semua pesan yang disampaikan oleh Ustadz Haris. Kegiatan ini berakhir pada pukul 11.15 dan ditutup dengan doa. Dengan adanya kegiatn ini diharapkan semua murid mampu memahami pentingnya belajar Al Quran dan menerapkan adab-adab dalam belajar Al Quran.

Rep: Syafiqa Qurata A’yun
Foto: Ida, Farah
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya