» » » » Munaqosyah Al Quran Metode UMMI SDIT Hidayatullah

Munaqosyah Al Quran Metode UMMI SDIT Hidayatullah

Penulis By on Sunday, April 28, 2019 | No comments


www.sdithidayatullah.net | Ahad, (23 Sya'ban 1440 H / 28 April 2019 M) sejumlah 114 murid SDIT Hidayatullah yang terdiri dari kelas 4 sampai kelas 6 telah melaksanakan Munaqosyah Al Quran dengan Metode UMMI yang diselenggarakan di Aula Gedung lantai 3 SDIT Hidayatullah. 

Kegiatan Munaqosyah ini merupakan ajang evaluasi pembelajaran Al Quran di SDIT Hidayatullah selama 1 tahun pembelajaran. Sebagaimana yang disampaikan oleh Ustadz Haris selaku koordinator Al Quran di SDIT Hidayatullah dalam sambutan beliau, sesaat sebelum kegiatan munaqosyah dimulai. Beliau menyampaikan pesan kepada murid-murid bahwa munaqosyah ini ajang evaluasi sekaligus pembuktian bahwa para murid telah melaksakan kegiatan pembelajaran dengan sebaik-baiknya. Beliau juga berharap agar murid mengamalkan apa yang sudah dipelajari dari Al Quran selama ini dan menjadikan Al Quran sebagai cerminan Akhlaq yang mampu dipancarkan dalam setiap aktivitas kita semua. 



Beberapa yang diujikan dalam Munaqosyah ini antara lain ujian Tartil yang meliputi Fashohah, Tajwid dan Ghorib, Tahfidz I, II, III, dan IV serta Tahfidz Juz 29 atau pasca Khotaman dan Imtihan. Munaqisy dihadirkan langsung dari pengurus UMDA Yogyakarta yang terdiri dari 10 penguji. 

Munaqosyah berlangsung dengan tertib dan hikmat yang dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama pukul 07.30 WIB sampai 12.00 WIB kemudian dilanjutkan dengan istirahat, sholat dan makan lalu dilanjutkan kembali sesi kedua sampai pukul 14.30 WIB. 



Semoga dengan kegiatan Munaqosyah ini, murid mampu mengevalusi sejauh mana mereka menghafalkan dan memahami apa yang telah mereka pelajari selama 1 tahun pembelajaran ini. Barakallahu fiikum 


Reportase : Atin 


Baca Juga Artikel Terkait Lainnya