» » » Sambut Tahun Ajaran Baru, SDIT Hidayatullah Gelar Raker 3 Hari

Sambut Tahun Ajaran Baru, SDIT Hidayatullah Gelar Raker 3 Hari

Penulis By on Thursday, July 12, 2018 | No comments


www.sdithidayatullah.net | (Kamis, 12/07/2018) Menandai masuknya tahun ajaran 2018/2019, SDIT Hidayatullah mengadakan Rapat Kerja (Raker) yang diikuti oleh seluruh guru dan pegawai unit SDIT yang berada di bawah naungan yayasan As Sakinah Pondok Pesantren Hidayatullah Yogyakarta. Kegiatan raker berlangsung hari ini hingga Sabtu, 14 Juli 2018.

Sebagai informasi, SDIT Hidayatullah kini memiliki 25 rombongan belajar yang terdiri dari 24 kelas reguler dan 1 kelas amanah. Dengan bertambahnya jumlah rombongan belajar, maka kebutuhan akan tenaga pengajar pun meningkat. Tahun ini SDIT Hidayatullah menambah tenaga pengajar dan 5K sebanyak 10 orang dan 2 guru magang. Bergabungnya para guru dan pegawai baru ini selain untuk memenuhi rasio antara guru dan murid, juga diharapkan mampu membantu menyukseskan program-program dan target yang telah dipancangkan sebelum memasuki tahun ajaran baru, lebih jauh lagi bisa bersama mewujudkan visi misi dan tujuan berdirinya SDIT Hidayatullah Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Muhammad Rifki Saputra, S.Pd.I selaku Kepala Sekolah kembali mengajak seluruh tim pengajar dan pegawai yang berkecimpung di sekolah ini untuk menguatkan niat dan tekad di hati masing-masing untuk berjuang bersama dan memahami bahwa perjalanan yang akan ditempuh di hari-hari mendatang dalam mendampingi murid akan semakin berat, harapan umat semakin besar, maka dibutuhkan energi yang besar dan profesionalitas kerja yang mumpuni.

Sambutan dari Kepala Sekolah SDIT Hidayatullah
"Tidak ada superman disini, tidak ada superwoman, tapi kita adalah super team yang akan berjuang bersama di jalan ini dan menghadapi apapun yang akan datang. Dan sungguh tidak akan diperoleh hal-hal yang besar, kebaikan yang besar, kesuksesan yang besar kecuali dengan energi yang besar pula." pungkasnya.  

Tidak hanya sampai disitu, Ketua Yayasan As Sakinah Pondok Pesantren Hidayatullah Yogyakarta, Abdullah Munir, S.Ag. juga turut memberikan dukungan moril dan menyegarkan kembali semangat juang para pahlawan tanpa tanda jasa dalam raker kali ini. Menurut Abdullah Munir, ada 4 identitas primer yang harus dimiliki oleh SDIT Hidayatullah, yang mana jika ia hilang, maka SDIT hanya tinggal nama. Adapun identitas tersebut adalah:

1. Al Qur'an, baik dari segi pembelajaran maupun praktek, penghayatan maupun interaksi  dan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran bahasa Arab pun menjadi penting sebagai wasilah atau jalan untuk memahami hakikat dan makna al Qur'an.

2. Pandu Hidayatullah.

3. Integrasi nilai-nilai tauhid ke dalam mata pelajaran umum.

4. Penerapan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam ibadah hingga muamalah.

5. Akademik, harus tetap unggul dan menjadi fokus perhatian.

Untuk mewujudkan terlaksananya hal tersebut, maka seyogyanya setiap pribadi yang sudah memancangkan dirinya untuk berjuang di sekolah ini berusaha semaksimal mungkin dalam menjalankan tugasnya dan memberikan yang terbaik, dan tentunya melaksanakan pekerjaan dibarengi misi dakwah ilallah. Menurutnya, ada dua macam jihad yang dikutip dari Syaikh Yusuf Qardhawi, yakni jihad askari (terjun langsung di kancah peperangan/militer) dan jihad madani (non militer), yang mana jihad madani menyentuh aspek pendidikan, sosial, kesehatan, seni, ekonomi dan segala sisi kehidupan. Jika menilik dari pembagian tersebut maka para guru dan karyawan di sekolah bisa masuk dalam kategori jihad madani, yakni berjuang dalam dunia pendidikan. 

Ustadz Abdullah Munir, S.Ag. menyampaikan sambutannya.

Oleh karenanya menjadi kewajiban bagi setiap pribadi untuk mengerahkan segala potensi dan kemampuan yang ada, dan terus menggali apa yang masih mungkin digali, untuk diberikan kepada anak didik sebagai sumbangsih bagi lahirnya alumni-alumni yang sholeh, berakhlakul karimah, berkarakter qur'ani dan unggul dalam akademik yang akan membekas hingga hari tua mereka kelak.

Setelah berakhir sesi sambutan, rapat kerja dimulai oleh pemaparan bidang kurikulum yang diketuai oleh Norhikmah, S.Tp. dan dimoderatori oleh Dwi Nurnaningsih, S.Pd. Sesi selanjutnya pemaparan program-program bidang Al-Qur'an dan Tahfidz oleh Muhammad Haris, S.T. selaku koordinator hingga jelang waktu shalat zuhur. Ba'da zuhur kegiatan raker dilanjutkan kembali oleh Untung Purnomo, S.Pd. yang menyampaikan program terkait bidang SDM. 

Alhamdulillah, kegiatan raker hari ini berjalan baik dan lancar. Beragam masukan dan usul tersampaikan dari para guru demi lahirnya program-program sekolah yang matang dan efektif. Insya Allah besok raker masih akan dilanjutkan hingga penutupan di hari sabtu, sekaligus kerja bakti membersihkan sekolah. Semoga Allah meridhai dan selalu menyertai  langkah kita semua dan para pejuang di jalan dakwah ilallah. Allaahumma aamiin. 

Laporan: Rida Nahdhah
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya