SDIT Hidayatullah Gelar Camping dan Penghijauan di Lembah Merapi


Menjaga Alam, Mensyukuri Nikmat Allah” itulah tema yang diusung dalam kegiatan Camping dan Penghijauan SDIT Hidayatullah Sleman Yogyakarta di Bumi Perkemahan Lembah Merapi, Sidorejo, Nganggring, Girikerto, Turi, Sleman Yogyakarta. (12-14,November 2015).


Kegiatan yang diikuti oleh semua murid kelas atas ( kelas 4-6 ) putra dan putri tersebut dibuka langsung oleh kepala sekolah SDIT Hidayatullah, Subhan Birori,S.Ag.

Dalam sambutanya, Subhan menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan pembelajaran di luar kelas yang sudah rutin dilaksanakan setiap dua tahun sekali, dan harus diikuti oleh semua murid, dengan tujuan melatih kemandirian murid dalam hidup.

”Kegiatan ini merupakan kegiatan pembelajaran di luar kelas yang yang sudah rutin dilaksanakan setiap dua tahun sekali, dan harus diikuti oleh semua murid, dengan tujuan melatih kemandirian murid dalam hidup”. Ucapnya.

Subhan berharap agar kegiatan tersebut menjadi media pembelajaran bagi semua murid agar bisa hidup lebih mandiri.

Sementara itu, Muhammad Arifin,S.Sos.I selaku ketua panitia pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa dipilihnya tempat Bumi Perkemahan Lembah Merapi karena tempat tersebut cukup kondusif dan menantang untuk kemandirian murid. Sehingga dengan kegiatan tersebut murid dapat belajar di alam bebas dengan melihat ayat-ayat kauniyah Allah Subhanhu wa ta’ala.

Selama tiga hari dua malam, kegiatan diisi dengan kegiatan yang mendidik, menantang, dan menyenangkan. Mulai dari kegiatan pendalaman materi, outbound, penghijauan, dan kunjungan ke kelompok tani peternakan kambing etawa.

Hadir sebagai tamu undangan pada kegiatan tersebut Bapak Jaka, perwakilan dari Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan (BBPBPTH) Sleman Yogyakarta. Selain memberi materi tentang urgensi pelestarian alam, Jaka bersama semua murid SDIT Hidayatullah juga melakukan penanaman pohon secara simbolis di Bumi Perkemahan Lembah Merapi sebagai wujud nyata dari pelestarian alam.

Kegiatan diakhiri dengan kunjungan murid SDIT Hidayatullah ke kelompok tani peternakan kambing etawa, sekaligus melihat proses pengelolaan susu kambing etawa. Kunjungan tersebut dikoordinatori oleh Sunarno,S.Si.

Menurut pria yang akrab dipanggil Pak Narno ini, kunjungan itu sangat memberi nilai positif untuk murid khususnya mengetahui kandungan dan manfaat dari susu kambing etawa, serta bagaimana pengelolaannya sehingga menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat sekitar.

“Kunjungan ini sangat memberi nilai positif untuk murid khususnya mengetahui kandungan dan manfaat dari susu kambing etawa, serta bagaimana pengelolaannya sehingga menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat sekitar”. Jelasnya dengan penuh semangat.

Rep. Yayan

Foto. Thorief

Info Murid Baru SDIT Hidayatullah BUKA DI SINI

0 Response to "SDIT Hidayatullah Gelar Camping dan Penghijauan di Lembah Merapi"

Post a Comment