BERLIBUR BERSAMA AL-QUR’AN

Dalam rangka mengisi kegiatan di bulan suci Ramadhan yang sekaligus berbarengan dengan liburan akhir tahun sekolah, SDIT Hidayatullah Sleman yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Pesantren al-Qur’an (1-7 Juli 2015).

Kegiatan yang dilaksanakan di SDIT Hidayatullah selama tujuh hari tersebut diprakarsai oleh tim al-Qur’an SDIT Hidayatullah dan diikuti oleh 150 murid dari kelas 1 sampai kelas 6 putra dan putri, dengan mengususng tema “Menanamkan Al-Qur’an Sejak Dini”.

Kegiatan dilaksanakan selama setengah hari mulai jam 06.00-13.00, dan dimulai pada hari senin,1 Juli 2015 yang dibuka secara resmi oleh kepala sekolah SDIT Hidayatullah, Subhan Birori,S.Ag, dan ditutup pada selasa, 7 Juli 2015.

Selama tujuh hari, peserta diberikan materi khusus terkait al-Qur’an. Mulai dari tahsinul qiraah, tahfidz, dan pemahaman konsep-konsep ilmu tajwid. Bahkan disela-sela kegiatan peserta juga dihibur dengan mendengarkan dongeng yang diselenggarakan atas kerja sama dengan Baitu Maal Hidayatullah (BMH) cabang Yogyakarta dengan menghadirkan pendongeng islami.

Menurut koordinator tim al-Qur’an SDIT Hidayatullah, Andriyani Nurhayati, dilaksanakannya kegiatan tersebut karena  bulan Ramadhan yang sekaligus berbarengan dengan liburan sekolah merupakan sebuah moment yang sangat berharga bagi anak-anak, sehingga harus dimanfaatkan sebaik mungkin, dan tim al-Qur’an SDIT Hidayatullah memberikan ruang untuk hal tersebut dengan menyelenggarakan kegiatan Pesantren al-Qur’an.

Sementara itu Muhammad Rifki Saputra, selaku ketua panitia kegiatan tersebut menjelaskan bahwa 150 peserta tersebut merupakan sebagian saja dari peserta yang mendaftar. Luar biasa banyak peserta yang mendaftar namun tidak semuanya diterima karena keterbatasan jumlah pengampunya. Hal tersebut menunjukkan betapa semangatnya anak-anak dalam belajar dan mempelajari al-Qur’an.

“Hal tersebut menunjukkan betapa semangatnya anak-anak dalam belajar dan mempelajari al-Qur’an”. Ungkapnya.


Rifki berharap ditahun-tahun berikutnya agar kegiatan tersebut dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan ada penambahan SDM pada tim al-Qur’an sehingga semua pendaftar dapat diwadahi.*Yayan Yogyakarta

0 Response to "BERLIBUR BERSAMA AL-QUR’AN"

Post a Comment