Drs. Rofiuddin : Membaca adalah Perintah Allah Pertama




www.sdithidayatullah.net | Senin (3/4/2017) Salah satu pengawas Pendidikan Agama Islam, Kecamatan Ngaglik, Bapak Drs. Rofiuddin, hari ini berkunjung ke SDIT Hidayatullah Yogyakarta. Dalam kesempatan kunjungan tersebut, Beliau meminta waktu kepada sekolah untuk memberi sedikit motivasi kepada murid kelas 6 sekolah ini.

Selapas melaksanakan shalat dhuhur berjamaah di masjid Markazul Islam Hidayatullah Yogyakarta, Beliau diberi waktu menyampaikan motivasi.

“Tahukah kalian, apa perintah Allah Subahanahu Wa Ta’ala yang pertama?” Tanya Bapak Drs. Rofiuddin ini kepada 60 an murid kelas 6. Bermacam jawaban anak-anak bersahutan untuk menjawab pertanyaan Belia ini, ada yang menjawab shalat, dan sebagainya.

Untuk memancing anak-anak mempunyai jawaban perintah Allah yang pertama, Beliau menceritakan ketika Nabi Muhammad beruzlah ke Goa Hira, hingga Beliau menerima wahyu yang pertama yang Iqra’ yaitu membaca.

“Jadi perintah Allah yang pertama dan utama adalah…?” Tanya Guru Pengawas PAI ini.
“Membacaaaaa….” Jawab anak-anak bersemangat.

“Kalau ingin nilai ujiannya bagus adalah membaca.” Tegas Beliau.

“Syarat kedua agar menjadi anak cerdas adalah berkemauan, berkeinginan, atau berpraduga kepada diri sendiri.” Lanjut Beliau. Lalu Beliau mengutip sebuah Hadits Qudsi.
Ø£َÙ†َا عِÙ†ْدَ ظَÙ†ِّ عَبْدِÙ‰ بِÙ‰
Aku sesuai dengan persangkaan hamba pada-Ku” (Muttafaqun ‘alaih).

“Jadi marilah kita berprasangka baik kepada diri kita sendiri, kalau diri ini bisa mengerjakan soal ujian dengan baik.” Kata Beliau. 

“Kalau menghadapi kesulitan jangan putus asa, karena itu dilarang oleh Allah.” Lanjut Beliau.



Beliau juga memberi nasehat kepada murid kelas 6, bahwa maksiat adalah salah satu penghalang kecerdasan. Misalnya menyakiti kedua orangtuanya, menyakiti guru, menyakiti teman dan  yang paling berat adalah berdusta. Begitu Beliau memberi nasehat.

Rep. EMTE
Powered by Blogger.
close