PRA-MUNAQOSYAH AL QUR'AN METODE UMMI

www.sdithidayatullah.net | Kamis (30/3/2017) SDIT Hidayatullah Yogyakarta bekerjasama dengan UMMI Foundation Surabaya dan UMMI Daerah Yogyakarta mengadakan Pra-Munaqosyah Al Qur'an metode UMMI.

Sebagai pengujinya adalah Ustadz Mustaqim dari UMMI Surabaya, Ustadz Kukuh Hadi W., Ustadz Akbar dan Ustadz Iqbal dari UMMI Daerah (UMDA) Yogyakarta. Pra Munaqosyah ini diikuti oleh 29 siswa-siswi SDIT Hidayatullah Yogyakarta, terdiri dari kelas 5 dan 6.

"Tidak perlu grogi, nak. Anggap saja yang di depanmu ini kursi, benda mati. Dan jangan takut salah, tidak dimarahi kalau salah. Nanti Ustadz akan ajari yang benar kalau salah." Nasihat Ustadz Mustaqim sambil berkelakar, sebelum memulai tes bacaan Al Qur'an salah seorang peserta Pra-Munaqosyah.

Materi yang diujikan dalam Pra-Munaqosyah adalah sebagai berikut;
1. Fashohah: Membaca Al Qur'an dengan tartil dan sesuai kaidah tajwid.
2. Hafalan: Terdiri dari hafalan surat panjang dan surat pendek.
3. Jilid Ghorib: Penguasaan materi ghorib
4. Jilid Tajwid: Penguasaan materi tajwid dan urai ayat.





Adapun tujuan dari diadakannya Pra-Munaqosyah ini adalah untuk melatih mental dan kesiapan anak-anak dalam menghadapi Munaqosyah yang direncanakan terlaksana pada awal Bulan Mei 2017 mendatang. InsyaAllah masih ada waktu sebulan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tilawah dan hafalan anak, juga menumbuhkan semangat belajar mereka. Semoga Allah melancarkan. Aamiin.

Rep. & Foto Ida Nahdhah
Powered by Blogger.
close