Dr. Sukamta : Ayah Adalah Sentral dalam Pendidikan Anak

Dr. Sukamta, mencukur putri Bapak Untung Purnomo usai pengajian

www.sdithidayatullah.net | Senin (20/03/2017). Dalam sebuah pengajian walimatul aqiqah di rumah salah satu Guru SDIT Hidayatullah, Bapak Untung Purnomo, di Modinan Gamping, Bapak Dr. Sukamta, S.T., M.T. menyampaikan beberapa hal tentang pendidikan anak.

"Dalam Alquran ada 17 percakapan yang berkaitan dengan pendidikan," kata Doktor Sukamta, lulusan S3 Universitas Gajah Mada ini kepada hadirin. "14 di antaranya adalah percakapan antara ayah dengan anaknya, 2 percakapan antara ibu dengan anaknya, dan 1 percakapan antara guru dengan muridnya." Lanjut Beliau.

"14 percakapan ayah dan anak misalnya salah satunya kisah Luqman Al Hakim, 2 percakapan ibu dan anak adalah kisah Maryam dan Isa, dan 1 percakapan guru dan murid adalah Musa dan Khidir." Terang Doktor yang dulunya adalah buruh pabrik ini.

"Jadi bisa disimpulkan bahwa, tanggung jawab pendidikan anak ada di tangan seorang ayah," kata Dr. Sukamta. "Tapi pada kenyataannya sekarang beda, rata-rata pendidikan anak-anak diserahkan total kepada ibunya anak-anak." Lanjut Beliau. "Seorang ibu memang madrasah (sekolah) bagi anak-anaknya di rumah, namun peran ayah adalah menjadi kepala sekolah yang menerapkan visi dan misi di sekolah tersebut." Kata Ayah dari 4 anak ini bersemangat.

Yuuuk para Ayah, menjadi pendidik yang baik bagi anak-anak kita.

Rep & Foto EMTE
Powered by Blogger.
close