Meraih Prestasi dari Mimpi

Nida'un (kanan) di acara LMC 2014

Oleh Deny Herawati

Nida’un Taqwiyani Ashshofiyyah adalah salah satu murid SDIT Hidayatullah Yogyakarta. Dia gemar sekali membaca dan mempunyai cita-cita ingin menjadi penulis yang hebat. Dari cita-cita inilah dia menunjukkan prestasinya dengan mengikuti lomba menulis yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada beberapa bulan lalu Nida’un mengirimkan karya tulisannya yang berjudul “My Forest My Heaven” untuk diikutkan dalam Lomba Menulis Cerita (LMC).


Untuk menjadi karya yang terpillih, semua naskah yang diterima oleh panitia lomba harus melewati dua tahapan seleksi, termasuk naskah cerita yang ditulis Nida’un. Naskah cerita yang ditulis Nida’un menyisihkan lebih dari tiga ribu naskah karya anak-anak  dari seluruh Indonesia yang telah diterima oleh panitia.

Pada akhirnya Nida’un terpilih menjadi finalis ke-empat dari limabelas finalis. Tanggal 10-14 November 2014 Nida’un diundang untuk mengikuti workshop di Rizen Premiere Hotel Cisarua, Bogor. Dalam lima hari ini dia mengikuti berbagai kegiatan, salah satunya uji wawancara oleh dewan juri.

Pada uji wawancara ini setiap anak menghadapi lima dewan juri. Salah satu dari dewan juri tersebut adalah sastrawan tersohor, Dr. Taufik Ismail. Uji wawancara ini dilakukan untuk membuktikan bahwa karya  atau naskah yang ditulis adalah benar-benar naskah atau tulisan asli para finalis, bukan dari menjiplak atau plagiat.

Akhirnya pada hari Kamis siang tanggal 13 November 2014 limabelas finalis pemenang LMC ini memperoleh penganugerahan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, termasuk salah satunya adalah Nida’un Taqwiyani Ashshofiyyah dari SDIT Hidayatullah Yogyakarta yang meraih juara ke-empat. Para finalis yang menang memperoleh piala, sertifikat, uang pembinaan dan wisata edukasi ke Taman Safari Indonesia.

Demikianlah prestasi yang dicetak oleh Nida’un berawal dari mimpinya, cita-citanya, menjadi seorang penulis yang hebat. Semoga jejak Nida’un dapat diikuti oleh seluruh anak-anak Indonesia pada umumnya, dan siswa siswi SDIT Hidayatullah Yogyakarta pada khususnya.


*) Deny Herawati, Guru SDIT Hidayatullah Sleman Yogyakarta

0 Response to "Meraih Prestasi dari Mimpi"

Post a Comment