Mempersiapkan UASDA 2014



Oleh : Subliyanto*
Tray out atau Latihan Ujian Nasional merupakan program pembelajaran yang biasa dilakasanakan menjelang Ujian Akhir Nasional. Sementara Ujian Akhir Nasional atau dengan istilah lain disebut dengan Ujian Nasional, dan bahkan yang terkini disebut dengan Ujian Akhir Sekolah Daerah ( UASDA ), merupakan program evaluasi pendidikan yang biasa dilaksanakan menjelang kelulusan sekolah dari masing-masing jenjang pendidikan, mulai tingkat SD, SMP, dan SMA.

Menjelang Ujian Nasional setiap sekolah berlomba-lomba menyelenggarakan kegiatan percepatan pembelajaran, guna mempersiapkan peserta didiknya dalam mengikuti ujian tersebut. Persiapan-persiapan yang dilakukan diantaranya adalah pendalaman materi dan persiapan mental.

Pendalaman materi dibingkai sedemikian rupa sesuai dengan kreativitas dari masing-masing sekolah, sebut saja sebagai contoh lahirnya program jam ke nol ( Pukul 06.00-07.30 ). Sementara persiapan mental seringkali dibingkai dengan rangkaian kegiatan motivasi, dan sangat beragam sub kegiatannya. Sebagai contoh adalah program Malam Bina Iman dan Takwa ( MABIT ), dengan mendatangkan motivator khusus anak.

Kegiatan-kegiatan ini tentunya merupakan langkah percepatan yang dilakukan oleh sekolah untuk mengantarkan kesuksesan peserta didiknya. Walaupun memang ditemukan berbagai dampak dari kegiatan-kegiatan tersebut, baik dampak positif maupun dampak negatif.

Dampak positif mungkin tidak terlalu mengusik, karena memang hal itu yang diharapakan. Sementara dampak negatif sangat penting untuk dicatat dan dievaluasi oleh orang tua dan sekolah sebagai institusi pendidikan.

Salah satu dampak negatif yang banyak dialami siswa adalah stres, sehingga berdampak pula pada sikap dan mental, serta motivasi belajar siswa. Oleh karena itu hal-hal yang demikian perlu diperhatikan oleh orang tua dan guru sebagai pendidik, karena masa depan anak didik kita tidak hanya berhenti di pintu kelulusan SD, SMP, dan SMA.

Lahirnya kebijakan pendidikan tentang perubahan sistem Ujian Nasional menjadi Ujian Akhir Sekolah Daerah ( UASDA ), dan bahkan tentang kelulusan semua siswa, mungkin sedikit menjadi obat bagi siswa yang selama ini stres karena takut tidak lulus, dan mungkin juga bagi guru itu sendiri. Namun, hal itu bukan berarti membuat turunnya semangat belajar dan semangat mengajar, akan tetapi sejatinya semakin membuka kesadaran belajar pada diri siswa. 

Kalau kita cermati ternyata bahwa dibalik adanya program percepatan pembelajaran terdapat nilai-nilai yang sangat bermanfaat bagi siswa, yaitu pertama menambah motivasi belajar siswa, sehingga tidak ada lagi siswa yang bermalas-malasan. Kedua dapat menanamkan sikap yang baik kepada siswa, dalam hal ini salah satunya adalah sikap ketaatan dan kedisiplinan. 

Dua nilai ini merupakan hikmah yang tersirat dari program percepatan kegiatan pembelajaran, dan tentunya semua itu terlepas dari dampak negatif yang juga terdapat pada program ini. Sehingga diharapkan semua siswa akan menjadi lebih baik.[]

*Penulis adalah Guru SDIT Hidayatullah Sleman Yogyakarta

0 Response to "Mempersiapkan UASDA 2014"

Post a Comment