Mempersiapkan Anak Belajar Kembali di Sekolah



Oleh : Subliyanto*
Sebuah pesan khusus untuk orang tua dan wali murid

Beberapa hari lagi kegiatan pembelajaran di sekolah akan aktif kembali. Pasca penerimaan raport, anak-anak kita menikmati liburan semester satu. Kini dalam waktu dekat anak-anak kita akan sibuk kembali dengan pelajarannya, akan sibuk kembali dengan hafalannya. Tetntunya mereka juga sudah rindu kepada meja belajarnya, rindu kepada teman sejawatnya, dan bahkan rindu terhdap guru-guru mereka. Lantas kita sebagai orang tua, apa yang harus dipersiapkan untuk ana-anak kita menyambut hari efektif sekolah semester dua...?

Mari kita persiapkan anak-anak kita untuk kembali ke sekolah. Tanamkan kesadaran kepada mereka bahwa belajar itu penting. Tumbuhkan semangat yang tinggi kepada mereka untuk senantiasa belajar. Mungkin selama liburan anak-anak kita menikmati liburannya dengan belajar di rumah, bermain bersama keluarga, kini kita coba untuk mengembalikan ingatannya tentang sekolah. Bisikkan dengan lembut kepada mereka bahwa sebentar lagi kegiatan pembelajaran di sekolah akan aktif kembali. Bantu mereka untuk mempersiapkan segala sesuatunya agar anak-anak kita semakin siap untuk kembali ke sekolah.

Beberapa hal yang perlu kiranya untuk dipersiapkan menyambut kembali hari efektif dan kegiatan pembelajaran dimulai di sekolah adalah :

Pertama, kita harus mempersiapkan mental mereka, mengembalikan ingatan mereka tentang sekolah, sehingga mereka rindu untuk kembali ke sekolah dan belajar serta bermain dengan teman-teman sekelasnya. Dengan demikian semangat anak-anak kita untuk kembali belajar di sekolah secara pelan-pelan akan terbersit di pikiran mereka, dan motivasi untuk belajar kembali akan tumbuh.

Kedua, kita harus mempersiapkan fisik anak-anak kita agar senantiasa dalam kondisi sehat, sehingga jika fisik mereka sehat, dukungan untuk belajarpun semakin kuat. “jiwa yang sehat terdapat pada raga yang sehat” demikian sebuah ungkapan yang memperkuat adanya keterkaitan yang sangat erat antara jiwa dan raga manusia. Tentunya kita sebagai orang tua tidak menginginkan anak-anak kita tertinggal dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Karena itu upayakan anak-anak kita selalu dalam kondisi sehat untuk mendukung belajar mereka.

Ketiga, kita harus membantu dan mendampingi anak-anak kita untuk mempersiapkan bahan-bahan belajarnya, mulai dari seragam, tas, buku, pensil, penghapus, dan yang lainnya. Pada persiapan ini diharapkan peran kita sebagai orang tua untuk menanamkan sikap kemandirian pada anak-anak kita. Membantu yang dimaksud adalah melakukan pendampingan terhadap anak sehingga sikap kemandirian mereka akan tumbuh dalam melakukan sesuatu.

Tiga aspek inilah yang kiranya perlu mendapatkan perhatian oleh kita sebagai orang tua guna mempersiapkan anak-anak kita kembali ke sekolah dengan senang. Semoga Allah senantiasa memberi kekuatan kepada kita untuk senantiasa melaksanakan tanggung jawab kita sebagai orang tua. Wallahu a’lam []*yayan

*) Penulis adalah kabag kemuridan dan pengampu program mulazzamah SDIT Hidayatullah Yogyakarta
**) SDIT Hidayatullah menerima pendaftaran murid baru tahun ajaran 2014-2015. Informasi lengkap 087 738 219 070

0 Response to "Mempersiapkan Anak Belajar Kembali di Sekolah"

Post a Comment