Menikmati Penilaian Kinerja Guru



Oleh : Untung Purnomo, S.Pd*
Bulan-bulan ini guru-guru mengikuti program Penilaian Kerja Guru atau sering disingkat PKG. Program ini merupakan program nasional Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Tujuan program ini merupakan bagian dari pengembangan profesi guru. Diharapkan bagi setiap guru yang melaksanakan program ini dapat mengembangkan pengetahuan, keterampilan serta kreatifitasnya saat mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai guru.

Bermacam-macam respon yang terjadi di tataran aplikasi. Ada yang menyambutnya secara antusias, biasa-biasa saja, mengabaikan sampai yang berprasangka buruk terhadap program ini. Seharusnya sebagai sebuah profesi, wajar jika pemerintah yang bertanggungjawab terhadap segala hal yang terkait pendidikan melakukan evaluasi terhadap ujung tombak pendidikan, yaitu guru. Oleh karena itu seharusnya setiap guru menyambut program ini dengan antusias serta melaksanakannya dengan sebaik-baiknya.

Ada beberapa tahapan yang dapat dilakukan guru untuk mencapai hal tersebut. Pertama, setiap guru siap secara mental melaksanakan program ini dengan landasan niat untuk pengembangan profesinya. Kedua, memahami secara utuh dan runtut hal-hal yang terkait dengan informasi pelaksanaan PKG. dapat dengan cara membaca berkas-berkas yang sudah dikeluarkan pemerintah ataupun mengundang nara sumber yang berkompeten terkait program ini. Ketiga, guru menyiapkan diri menerima masukan, saran maupun kritikan ketika melksanakan program PKG . Baik itu yang bersumber dari rekan sejawat ataupun assessor. 

Keempat, mengikuti secara aktif setiap tahapan dengan sebaik-baiknya. PKG adalah program yang terencana, ada penilaian formatif, Program Keprofesian Berkelanjutan dan terakhir penilaian sumatif. Setiap tahapan mempunyai schedule yang jelas sehingga guru harus mencermati jadwal tersebut dengan baik tanpa mengganggu tugas kesehariaan mengajar. Kelima atau yang terakhir siap menerima hasil dari proses yang dijalaninya tersebut. Hasil yang ada adalah cerminan dari kompetensi yang dimilikinya. Jika guru sudah siap maka konsekuensi apapun akan diterimanya dengan sebaik mungkin. 

Akhirnya semoga kita dapat menikmati PKG sebagaimana yang menjadi harapan pemerintah dan menjadikan program ini sebagai wahana pengembangan profesi guru.[] *yayan



*Penulis adalah Pendidik dan Ketua Program Penilaian Kinerja Guru SDIT Hidayatullah Balong, Donoharjo, Ngaglik, Sleman Yogyakarta HP 087838236137
**SDIT Hidayatullah menerima pendaftaran murid baru tahun ajaran 2014-2015Info pendaftaran 087738219070

0 Response to "Menikmati Penilaian Kinerja Guru"

Post a Comment