Membeli Masa Depan dengan Harga Sekarang



Oleh : Mendikbud,Muhammad Nuh*
Ada tiga penyakit di masyarakat yang karenanya bangsa manapun dan dimanapun, tidak akan mampu bersaing. Ketiga penyakit itu adalah kemiskinan, ketidaktahuan, dan keterbelakangan peradaban.

Ibarat tubuh, agar tahan terhadap berbagai macam penyakit, haruslah daya imunitasnya ditingkatkan, satu diantaranya adalah melalui vaksinasi. Nah pendidikan adalah salah satu bentuk “vaksin” agar terhindar dari tiga penyakit yang ada di masyarakat.

Selain sebagai “vaksin” pendidikan juga merupakan elevator sosial untuk dapat meningkatkan status sosial. Dua hal inilah yang menjadi bahan pertimbangan kenapa pemerintah seolah berkejaran dengan waktu dalam mengimplimentasikan kurikulum 2013. Karena bangsa ini dengan segala kekiniannya memerlukan vaksin dan elevator sosial itu.

Ada banyak program pendidikan untuk menghindar dari penyakit tersebut. Melalui jargon “Membeli Masa Depan Dengan Harga Sekarang” adalah salah satunya. Jargon ini disiapkan untuk menyiapkan generasi emas, generasi saat ini memasuki usia kemerdekaan 100 tahun, tahun 2045.

Akses pendidikan dipengaruhi oleh ketersediaan satuan pendidikan dan keterjangkauan dari sisi pembiayaan. Untuk itu pemerintah terus menyiapkan ketersediaan satuan pendidikan yang layak, terutama di daerah 3T ( terdepan, terluar dan tertinggal ). Termasuk di dalamnya pengiriman guru melalui program Sarjana Mendidik di daerah 3T ( SM3T ).

Dari sisi keterjangkauan pemerintah telah menyiapkan Bantuan Operasional Sekolah ( BOS ) untuk pendidikan dasar dan menengah, Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri ( BOPTN ), Bantuan Siswa Miskin ( BSM ), Bidik Misi dan Beasiswa. Pada tahun 2013 ini telah disiapkan anggaran Rp.7,8 triliun untuk BSM.[]

*Catatan : Tulisan ini bersumber dari Koran Pendidikan Republika, edisi Kamis 30 Mei 2013. Foto bersumber dari http://www.republika.co.id. Redaksi SDIT Hidayatullah memuat ulang tulisan ini sebagai bentuk kepedulian SDIT Hidayatullah tentang “Urgensi Pendidikan Bagi Anak” sebagai generasi penerus perjuangan, baik bagi agama, bangsa dan negara, sehingga mereka mendapatkan pendidikan yang layak. *yayan

**SDIT Hidayatullah menerima pendaftaran murid baru tahun ajaran 2014-2015. Info pendaftaran 087738219070

0 Response to "Membeli Masa Depan dengan Harga Sekarang"

Post a Comment